Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) Di SMA Takhassus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo Tahun 2014

Ubaidi, Muchamad (2015) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) Di SMA Takhassus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo Tahun 2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021110012 MUCHAMAD UBAIDI BAB I - V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
2021110012 MUCHAMAD UBAIDI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Evaluasi pembelajaran mempunyai peranan penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran terutama sekolah yang menggunakan model Sistem Kredit Semester (SKS). Pelaksanaannya sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran dari tahap awal hinga akhir. Namun demikian, pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Takhassus al-Quran dalam beberapa tahapnya belum jelas. Hal ini terbukti dengan adanya tahapan-tahapan evaluasi pembelajaran yang belum dilakukan oleh pendidik. Rumusan masalah dala.m penelitian ini ada dua, yaitu bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (P Al) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Tahasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo? dan bagaimana konsep Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapka.n di SMA Taha.sus Al-Quran Kalibeber Ka.bupaten Wonosobo?. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaa.n evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (P Al) dalam Sistem K.redit Semester (SKS) di SMA Takhasus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo tahun 2014. dan konsep Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan di SMA Takhasus Al• Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo. Manfaat secara teoritis untuk menambah khazanah ilmiah bagi pengembanga.n ilmu pengetahua.n da.n memberika.n surnba.nga.n pemikiran tenta.ng evaluasi pembelajaran dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Sedangka.n ma.nfaat secara praktis bagi peneliti adalah diharapkan denga.n penelitian ini akan menambah wawasan denga.n mengadaka.n studi secara langsung, bagi pendidik supaya dapat menggunaka.n hasil penelitian ini sebagai baha.n pertimbangan dalam merumuska.n kembali renca.na pelaksanaan evaluasi pembelajaran di sekolah da.n bagi lembaga terutama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalonga.n, dapat menambah referensi bacaan mengenai pelaksa.naan evaluasi pembelajara.n dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Metodologi dalam penelitia.n ini adalah kualitatif da.n jenis penelitia.nnya adalah penelitia.n lapangan (field Research). Surnber primer dalarn penelitian ini antara lain yakni; pendidik dan peserta didik SMA Takhassus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo. Seda.ngkan sumber sekunder yakni kepala sekolah, WAKA kurikulum dan dokumen yang berkaita.n denga.n data penelitian dan sumber lain yang relevan dengan penelitian yang dijadikan sumber pendukung dari sumber data utama. Teknik pengumpulan data yang penulis gunaka.n adalah dengan wawancara, observasi dan dokurnentasi. Jenis analisis data.nya adalah analisa deskriptif kualitatif Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapanga.n tanpa melibatkan angka angka. Hasil penelitia.n adalah Sistem Kredit Semester yang dilaksanakan di SMA Takhassus al-Quran adalah kurikulum yang digunakan di SMA Takhasus al• Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo adalah kurikuJurn 2013 denga.n Sistem vu Kredit Semester dan moving class sebagai model pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran fleksible dengan pola on-off Penjurusan program studi Matematika dan Sains, Ilmu Sosial dan Bahasa dan Humaniora dilakukan diawa1 semester 1 (satu). Tersedianya program yang bervariatif dan luwes dengan didukung kelengkapan administrasi dan pengelolaan administratif yang baik. Sedangkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pendidik memulainya dengan membuat perangkat pembeajaran kemudian digunakan dalam proses pembelajaran dan pada akhirnya mengevaluasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pernbelajaran, Sistem Kredit Semester (SKS).
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:53
Last Modified: 22 Jan 2024 06:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6833

Actions (login required)

View Item View Item