Implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan

Hanifah, Wilda (2023) Implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2119139_WILDA HANIFAH BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
2119139_WILDA HANIFAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Beberapa studi kasus menunjukkan beberapa bentuk perilaku kepatuhan santri yang sudah ada sejak dulu di madrasah diniyah, seperti berpakaian sopan, mahir membaca kitab kuning bahkan memahami isinya, menghormati dan saling menyayangi. Akan tetapi terdapat pula perilaku yang menyimpang di kalangan para santri yang muncul akibat perkembangan zaman seperti melanggar tata tertib, minimnya kemampuan membaca kitab dan imitasi budaya dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. 2) Mengetahui bentuk perilaku atau akhlak santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. 3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data dianalisis menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi: sarana prasarana, administrasi ustaż/ustażah dan manajemen kelas. Tahap pelaksanaan meliputi materi dan metode pembelajaran. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi yang meliputi tes tertulis dan praktik. Bentuk perilaku santri di Madrasah Diniyah Roudlatul Muta’allimin menunjukkan pada perilaku akhlak terpuji dan juga akhlak tercela. Akhlak terpuji yang ditunjukkan para santri seperti: sopan santu, ramah, taat dan patuh, disiplin, menghargai dan saling berbagi. Adapun akhlak tercelanya yaitu gaduh saat pelajaran dan bertutur kata kurang sopan. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor yaitu orang tua, lingkungan pergaulan di masyarakat, praktik sunnah ibadah, kerjasama yang baik antara pihak madrasah dengan orang tua dan peran ustaż/ustażah. Faktor penghambat diantaranya yaitu ponsel, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan dan pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendidikan akhlak, madrasah diniyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:39
Last Modified: 22 Jan 2024 07:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item View Item