Implementasi Metodeactive~Ebatelearning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) Di MTS Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan

Wahyudin, Wahyudin (2016) Implementasi Metodeactive~Ebatelearning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) Di MTS Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (thesis)
2021311069 WAHYUDIN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (15MB)
[img] Text (thesis)
2021311069 WAHYUDIN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (33MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan diartikan sebagaisegala sesuatu yang mengalami proses perubahan ke arah yang lebih baik. Proses perubahan ke arah yang lebih baik hanya dapat terealisasikan melalui proses belajar mengajar atau disebut juga pembelajaran. Pembelajaran akan ketinggalan zaman apabila masih menggunakan paradigma lama yang memposisikan pengajar (guru) sebagai pusat segala• galanya. Padahal pembelajaran di dunia modem sekarang ini tidak lagi berorientasi kepada guru (teacher oriented) melainkan leaner oriented yaitu pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subyek (actor) pembelajaran. Orientasi pembelajaran seperti di atas membutuhkan berbagai komponen dalam pendidikan, seperti tenaga edukatif yang berkompeten, kurikulum yang sudah disempurnakan, saran.a dan prasarana yang memadai, begitu juga metode dan strategi yang cocok dan tepat guna. Tujuan pembelajaran yang telah ditentukan tidak - akan dapat terwtijud - kecuali melalui proses peinbelajaran yang menggunakan metode dan strategi yang dapat merangsang siswa untuk melakukan pembelajaran yang aktif inovatif, kreatif efektif dan menyenangkan, salah satu dari sekian banyak metode dan strategi tersebut adalah metode active debate learning. Metode active debate learning adalah salah satu metode pembelajran berbasis active learning yang sedang diterapkan di MTs Rifa'iyah Kesesi pada kegiatan pembelajarannya termasuk dalam kegiatan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih. Itulah sebabnya penulis mengadakan penelitian pada Sekolah tersebut dengan judul penelitian "Implementasi Metode Active Debate Learning Pada Pembelajaran Fiqih di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan". Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi metode active debate learning dalam pembelajaran PAI di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan? Bagaimana kelebihan metode active debate learning dibanding rnetode fain yang dipraktekan di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode active debate learningdalam Pendidikan Agama Islam Di MTs. Rifa'iyah l{~~~~i Kabupatcn P~k~l911g8.Il? Sedangkan tlljlµlll penelitian ini adalah Untak mendeskripsikan implementasi metode active debate learning dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan. Untuk mengetahui apa kelebihan metode active debate learning dibanding metode yang lain. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode active debate learning dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Rifa'iyah Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, . ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode, Active Debate, Fiqih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:12
Last Modified: 23 Jan 2024 02:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item