Masruhan, Masruhan (2015) Efektivitas Metode Problem Solving Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Sholat Jamak Dan Qashar Kelas VII Di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021311083 MASRUHAN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (17MB) |
|
Text (Thesis)
2021311083 MASRUHAN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (40MB) |
Abstract
Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Cukup banyak bahan pelajaran yang terbuang dengan percuma hanya karena penggunaan metode menurut kehendak guru dan mengabaikan kebutuhan siswa, fasilitas dan situasi kelas. Penelitian tindakan kelas ini diharapkan mampu menemukan formula yang tepat untuk diterapkan sebagai metode dalam proses pembelajaran. Metode tersebut menggunakan motode Problem Solving dimana metode ini merupakan metode pembelajaran yang mendorong siswa mencari dan memecahkan persoalan tertentu. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving pada mata Pelajaran PAI materi Sholat jamak dan Qashar di kelas VII A dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran PAI materi Sholat jamak dan Qashar di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang melalui penerapan metode Problem Solving?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI kelas VII A materi pokok Sholat jamak dan Qashar di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran PAI materi Sholat jamak dan Qashar di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang melalui penerapan metode Problem Solving. Jenis penelitian ini ad.alah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dokumentasi, test dan observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskripsi dengan rumus prosentase. Basil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving pada mata Pelajaran PAI materi Sholat jamak dan qashar di kelas VII A dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang dilaksanakan pada mulai tanggal 7 Februari sampai tanggal 15 Juni 2015. Kedua, Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran PAI mated Sholat jamak dan qashar di SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang melalui penerapan metode Problem Solving dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari pra siklus yakni 54,85 meningkat pada siklus I menjadi 63,14, pada siklus II meningkat menjadi 83,14. Pada pra siklus sebanyak 28 siswa (80 %) mendapatkan nilai dengan kategori kurang dan 7 siswa (20 %) mendapatkan nilai dengan kategori cukup. Pada siklus I sebanyak 35 siswa (100 %) mendapatkan nilai dengan kategori cukup. Pada siklus II sebanyak 30 siswa (85,71 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik dan 5 siswa (14,29 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Solving, Basil Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:48 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6854 |
Actions (login required)
View Item |