Fitriana, Asri (2015) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Cerita Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ra Masyithoh Desa Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang \. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021311086 ASRI FITRIANA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (8MB) |
|
Text (Thesis)
2021311086 ASRI FITRIANA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Anak pada masa sekarang memilih suatu bacaan yang seharusnya belum rrlasanya mereka baca, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan bimbingan dlri pihak pendidik. Metode cerita dalam pendidikan sudah dianggap baik untuk nienyampaikan nasehat atau pesan moral sehingga diharapkan dapat diterapkan k~mbali mengingat pentingnya metode tersebut. Sebelum menggunakan metode cJrita, guru RA Masyithoh Desa Beji menggunakan metode ceramah dan tanya jarab, akan tetapi kedua metode tersebut membuat siswa bosan dan tidak aktif dalam belajar. Dengan penggunaan metode cerita ini diharapkan anak dapat meningkatkan kJaktifan belajar pada siswa. \ Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Apakah metode cerita dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa RA Masyithoh Desa Beji Kecamatan , Tllis Kabupaten Batang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode cerita dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa RA Masyithoh Desa Beji pada mata pelajaran Pdndidikan Agama Islam. Kegunaan penelitian sebagai bahan masukan bagi guru ya!ng ada di RA Masyithoh Desa Beji guna mengembangkan pembelajaran dan meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode cerita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B RA Masyithoh Desa Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus rata-rata hitung (Mean). Basil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Telah terjadi peningkatan pada keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Masyithoh Desa Beji sesudah melalui metode cerita, hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh dari pra siklus yakni 44,56 meningkat pada siklus I menjadi 58,26, pada siklus II meningkat menjadi 80. Pada , pra siklus sebanyak 23 siswa ( 100 %) mendapatkan nilai dengan kategori kurang. Pada siklus I sebanyak 6 siswa (26,08 %) mendapatkan nilai dengan kategori kurang,15 siswa (65,21 %) mendapatkan nilai dengan kategori cukup, 2 siswa (8,71 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik. Pada siklus II sebanyak 23 siswa ( 100 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik. Kedua, Metode cerita dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Masyithoh Desa Beji. Dengan demikian hipotesis tindakan yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Metode Cerita | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 03:14 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 03:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6857 |
Actions (login required)
View Item |