Pola Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Pada Keluarga Buruh Pabrik Di Desa Cepagan Warungasem Batang

Istikharoh, Istikharoh (2015) Pola Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Pada Keluarga Buruh Pabrik Di Desa Cepagan Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110037 ISTIKHAROH BAB 1, V dan lamp.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110037 ISTIKHAROH BAB 1 - V FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keluarga mernpakan pendidik pertama dan utama bagi perkembangan anak sebelum seseorang terjun di dalam masyarakat. Pendidikan yang utama dalam keluarga adalah pendidikan agama. Pendidikan agama sebagai pondasi bagi anak dalam menjalani kehidupan, sehingga tercipta sikap mental dan perilaku anak yang sesuai syariat Islam. Di desa Cepagan sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai burnh pabrik dengan sistem kerja yang terikat oleh waktu. Peran orang tua atas pendidikan anak sudah mulai berkurang dikarenakan kesibukan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, sistem kerja pabrik yang terikat oleh waktu menjadikan m.inimnya perhatian dan pengawasan orang· tua terhadap pendidikan agama anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola pendidikan agama Islam anak, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pola pendidikan agama Islam bagi anak pada keluarga buruh pabrik di Desa Cepagan, Warnngasem, Batang. Adapun tujuan yang hendak penulis capai dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pola, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pola pendidikan agama Islam bagi anak pada keluarga buruh pabrik di Desa Cepagan. Adapun kegunaan yang hendak dicapai dalam penulisan skripsi ini diantaranya dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menerapkan pola pendidikan agama yang baik dan sesuai bagi anak dalarn keluarga buruh pabrik di Des a Cepagan, W arnngasem, Batang. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan analisis induktif yaitu menguraikan data-data yang diperoleh dari lapangan melalui metode observasi yang kemudian dijadikan sebagai catatan lapangan, metode wawancara yang dijadikan transkip wawancara dan metode dokumentasi sebagai pendukung data. Data-data tersebut kemudian disimpulkan menjadi sebuah pola pendidikan agama Islam bagi anak pada keluarga buruh pabrik di desa Cepagan, Warungasem, Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga buruh pabrik di desa Cepagan sudah melaksanakan pola pendidikan agama Islam bagi anak-anaknya, tetapi dalam pelaksanaannya belum maksimal karena kesibukannya dalam bekerja yang terikat oleh waktu. Pola pendidikan agama Islam yang diterapkan diantaranya pola pendidikan dengan pembiasaan, nasehat, dan keteladanan atau memberikan contoh secara langsung. Seperti, membiasakan sholat berjamaah, mengaji, berzanji, serta menyekolahkan anak-anaknya di lembaga pendidikan nonformal yang ada seperti Taman Pendidikan Al-qur' an, Madrasah Diniyah. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya lembaga pendidikan nonformal seperti Taman Pendidikan Al-qur'an, Madrasah Diniyah, serta beberapa kegiatan keagamaan yang ada di desa Cepagan. Sedangkan faktor penghambat yang ada dari sektor keluarga, sektor lingkungan, dan sektor media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Pendidikan Agama Islam, Anak, Keluarga Buruh Pabr:ik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:36
Last Modified: 23 Jan 2024 04:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6865

Actions (login required)

View Item View Item