Relevansi Pendidikan Akhlak Dengan Kepribadian Santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan

Hidayat, Nur Hadi (2016) Relevansi Pendidikan Akhlak Dengan Kepribadian Santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110038 NUR HADI HIDAYAT BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2021110038 NUR HADI HIDAYAT BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (30MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aktivitas yang dilakukan santri terdapat unsur pendidikan akhlak. Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim adalah lembaga pendidikan pesantren sekaligus sebagai lembaga panti anak yatim untuk mendalami ilmu agama. Santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim tidak hanya dibekali dengan materi-rnateri keagamaan seperti pendidikan akhlak juga dibekali dengan rnateri-materi umum. Pesantren lebih kental berwarna lembaga pendidikan dibandingkan pengajaran. Orang tua mengirimkan anaknya ke pesantren bukan hanya agar pandai melainkan agar menjadi anak sholeh, baik, dan mempunyai akhlak bagus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagairnana pendidikan akhlak santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan? Bagaimana , kepribadian santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim dengan pembentukan akhlak? Bagaimana relevansi pendidikan akhlak deugan kepribadian santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan akhlak santri. untuk mengetahui kepribadian santri, dan untuk mengetahui relevansi pendidikan akhlak dengan kepribadian santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan. Kegunaan penelitian diharapkan dapat menciptakan kesadaran akan pentingnya pemahaman dan penghayatan mengenai pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan bagi lingkungan sekitar pondok pada khususnya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field researchy. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokurnentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Basil penelitian menunjukkan: Pertama, Pendidikan akhlak santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan diantaranya: mengucapkan salam ketika memasuki ruangan, bersalaman ketika berternu guru di jalan, berdoa sebelurn dan sesudah pelajaran, memperingati hari besar Islam. rnembaca Al• Quran setiap pagi. JUJUr, disiplin, menjaga kebersihan, dan membina persaudaraan. Kegiatan harian yang dilakukan di Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan untuk menanamkan pendidikan akhlak suclah tepat dan sesuai dengan ajaran agarna Islam. Kedua, Kepribadian santri Pondok Pesantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan dapat dilihat dari beberapa ha! berikut yakni cara berpakaian, cara berbicara. cara bergaul. ibadah shalat. cant ambil tindakan apabila mclihat teman yang lain kesusahan. Ketiga. Relcvansi pendidikan akhlak clengan kcpribadian santri Ponclok Pcsantren Maulana Malik Ibrahim Pekalongan antara lain: a) dapat membentengi perilaku atau perbuatan tercela serta mcningkatkun aqidah atau keimanan pacla santri. b) mcningkatkan ketekunan bcribadah pada santri. c) membentuk akhlak mulia pada diri sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Kepribadian Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:40
Last Modified: 23 Jan 2024 06:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item