NURHAMIDAH, NURHAMIDAH (2014) Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Perilaku Siswa Di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021311102 NUR HAMIDAH BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (4MB) |
|
Text (Thesis)
2021311102 NUR HAMIDAH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Guru merupakan unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru adalah figur manusia surnber yang menempati posisi dan memegang peranan penting dalam pendidikan. Ketika seseorang mempersoalkan masalah dunia pendidikan, figur guru mesti terlibat dalam agenda pembicaraa, terutama yang menyangkut persoalan pendidikan formal di sekolah. hal ini tidak dapat di sangkal, karena lembaga pendidikan formal adalah dunia kehidupan guru. Sedangkan dalam sebuah keluarga orang tua merupakan pendidik yang pertama dan utama, keluarga adalah sumber kepribadian seseorang. Di dalam keluarga dapat ditemukan berbagai elemen dasar yang membentuk kepribadian seseorang. Salah satu factor yang menentukan prestasl belajar slswa adalah komunlkasi orangtua slswa dengan guru. Dengan adanya hubungan baik antara orang tua dengan guru akan melahirkan komunikasi yang baik pula yang pada akhimya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Demikian pula sebaliknya jika hubungan antara orang tua siswa dengan guru kurang baik atau jelek maka akan terjadi jarak antara orangtua siswa dengan guru sehingga orang tua enggan untuk bertanya yang pada akhirnya akan berimbas kepada prestasi belajar siswa menjadi buruk. Berangkat dari latar belakang diatas, maka penulis merumuskan permasalahn sebagai berikut : 1 ). Bagaiman komunikasi guru dengan orang tua siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan? 2). Bagaimana Prilaku Siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini 1 ). Untuk. mengetahui komunlkasi guru dengan orang tua siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan. 2). Untuk mengetahui prilaku siswa di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini mengambil sarnpel sebanyak 34 anak untuk dijadikan subjek penelitian. Surnber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun pengumpulan datanya yaitu dengan metode angket, observasi, wawancara dan dokumen. Setelah dilakukan analisis dari seluruh penelitian, mak:a dapat disimpulkan bahwa pengaruh komunikasi guru dengan orang tua terhadap perilaku anak di Ml Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan masuk dalam katagori sangat kuat, dengan basil perhitungan rxy= 0,96 yang terletak pada interval 0,91 - 1,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 06:58 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 06:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6867 |
Actions (login required)
View Item |