Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al Qur' An Hadits Peserta Didik Kelas V MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016

HANIFAH, HANIFAH (2015) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al Qur' An Hadits Peserta Didik Kelas V MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311103 HANIFAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
2021311103 HANIFAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Disiplin adalah Kontrol terhadap kelakuan baik oleh suatu kekuatan luar ataupun oleh individu sendiri. Sedangkan belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dalam suatu kegiatan belajar mengajar seorang pendidik seharusnya dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan kegairahan belajar dan terbentuknya sikap tertib dan disiplin pada anak. Sebab disiplin merupakan suatu hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan adanya suatu kedisiplinan dalam pendidikan, maka sangat diharapkan prestasi peserta didik dapat ditingkatkan. Kedisiplinan belajar peserta didik dapat terjadi secara optimal bila pihak sekolah dan para guru melakukan perbaikan proses belajar mengajar yang menjadikan peserta didik itu memiliki tingkat yang sama. Sehingga antara guru dan peserta didik akan tercipta saling kerjasama. Biasanya siswa yang memiliki kedisiplinan dalam belajar, mereka cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibanding peserta didik yang tidak mempunyai kedisiplinan dalam belajar. Oleh karena itu, setiap peserta didik harus memiliki kedisiplinan dalam belajar agar mereka bisa memiliki prestasi yang bagus. Dengan demikian timbul permasalahan: Bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?, bagaimana prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?, dan bagaimana pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta diidk kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengathui bagaimana pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Al Qur'an Hadits peserta didik kelas V di MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kemudian dengan penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan dalam penerapan kedisiplinan dalam belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusuf, MusfirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:29
Last Modified: 23 Jan 2024 07:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item View Item