Pola Pembinaan Kegiatan Keagamaan Remaja Desa Lowa Comal Pemalang

Wati, Widya (2014) Pola Pembinaan Kegiatan Keagamaan Remaja Desa Lowa Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110041 WIDYA WATI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110041 WIDYA WATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada masa remaja seseorang mengalami goncanga batin yang menyebabkan mudah terkena pengaruh yang tidak baik, pergaula tanpa batas di kalangan remaja yang semakin meluas, hal ini merupakan golongan kultural yang mengancam generasi muda dan generasi bangsa. Untuk itu pola Pembinaan kegiatan keagamaan remaja sangat perlu untuk diprioritaska dan bukanlah menjadi tanggung jawab figur sentralistik, namun pembinaan kegiatan keagamaan remaja membutuhkan sebuah kerjasama yang baik dari komponen masyarakat, baik itu orang tua, kepala desa, tokoh agama dan lainnya. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini antara lai n : Bagaimana Pola Pembinaan Kegiatan Keagamaan Remaja Desa Lowa Comal Pemalang, dan apa saja faktor yang dapat menunjang dan menghambat pola pembinaan kegiatan keagamaan remaja desa Lowa Comal Pemalang, dan tujuan pene itian ini adalah untuk mendiskripsikn Pola Pembinaan kegiatan keagamaan rem aja Desa Lowa Comal Pemalang dan untuk mengeksplorasi faktor-faktor apa saja yang menghambat dan menunjang pola pembinaan kegiatan keagam an remaja desa Lowa Comal Pemalang. Sedangkan kegunaan hasil penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran bagi orang tua dan tokoh masyarakat alam membina kegiatan keagarnaan remaja, sehingga remaja tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif. Serta di harapkan dapat rnembuahkan khazanah keilmuan, memberi masukan yang tepat bagi keluarga dan masyarakat agar lebih emprioritaskan pembinaan kegiatan keagamaan bagi anakanak rernajanya, agar remaja tersebut kelak menjadi insan yang berakhlak karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Pendekatan yang dipakai oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan adalahs umber data primer (remaja) dan sumber data sekunder (orang tua, tokoh Agama, Kepala Desa dan masyarakat). Kemudian dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembinaan kegis tan keagamaan remaja DesaLowameliputi Pembinaan di rumah dan pembinaan di masyarakat, metode yang digunakan yaitu metode nasehat, pembiasaan, teladan, teguran, hukuman, menciptakan suasana harmonis dalam rumah, metode a ramah, metode targhib tarhib, metode hafalan, metode mau'idzoh, metode tanya jawab, dan rnetode kisah. Sedangkan materi yang digunakan dalam pembina dirumah tidak terkonsep seperti materi dalam pembinaan di masyarakat, antara lain: Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, Aqidah, Hadits, Tareh Islam, Al-Qur'an, kita sholawat. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat serta menunjang pembinaan moral remaja ada 2 yaitu faktor internal dan faktor ekstemal. faktor internal meliputi Pola pikir remaja yang salah, Hereditas (keturunan), Kesadaran pribadi dan faktor eksternal pendidikan dari orangtua, Teman sebaya, Kesibukan orangtua, Pengaruh buku dan film baik dari buku maupun situs online.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Kegiatan Keagamaan Remaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:30
Last Modified: 23 Jan 2024 07:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item