Pengaruh Model Sscs (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII SMP N 02 Kajen

Praredya, Berlian (2024) Pengaruh Model Sscs (Search, Solve, Create, And Share) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII SMP N 02 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620001_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2620001_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa saat ini masih rendah, karena penguasaan sistem persamaan linier satu variabel (SPLSV) yang belum optimal. Penguasaan SPLSV sebagai prasyarat utama untuk memahami materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Selain itu, model pembelajaran yang diterapkan cenderung kurang bervariasi menyebabkan penyerapan materi pembelajaran menjadi kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, diperlukan model pembelajaran yang lebih efektif seperti model SSCS (Search, solve, create, and share). Tahapan dalam model SSCS sesuai dengan indikator pemecahan masalah, sehingga diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Rumusan masalah penelitian ini terbagi menjadi dua, pertama bagaimana penerapan model SSCS pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP N 02 Kajen dan kedua bagaimana pengaruh model SSCS terhadap pemecahan masalah matematika siswa SMP N 02 Kajen terhadap materi sistem persamaan linier dua variabel. Tujuan peneliti yaitu untuk menguji secara komperhensif bagaimana penerapan dan pengaruh model SSCS pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP N 02 Kajen. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dan model desainnya kelompok kontrol nonequivalent dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah 258 siswa dan sampel yang digunakan 64 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta menggunakan uji hipotesis dengan independent t test menggunakan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model SSCS pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) mencapai presentase maksimal sebesar 93,75%. Pengaruh penerapan model SSCS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) memiliki pengaruh yang signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t test nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya bahwa 0,000 < 0,05 ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovianti, DirastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:48
Last Modified: 20 Feb 2024 07:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6886

Actions (login required)

View Item View Item