Peningkatan Basil Belajar Siswa Kelas IV Mis Jenggot 02 Kota Pekalongan Pada Pelajaran Fiqih Materi Salat Idul Fitri Dan Idul Adha Melalui Strategi Modeling The Way

NURDIANAH, NURDIANAH (2014) Peningkatan Basil Belajar Siswa Kelas IV Mis Jenggot 02 Kota Pekalongan Pada Pelajaran Fiqih Materi Salat Idul Fitri Dan Idul Adha Melalui Strategi Modeling The Way. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311106 NURDIANAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
2021311106 NURDIANAH BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu altematif strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang materi shalat 'id yang ada di fiqih adalah strategi modeling the way (membuat contoh praktek), strategi ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui demonstrasi. Peserta didik diberi waktu untuk menciptakan skenario sendiri dan menentukan bagaimana mereka mengilustrasikan keterampilan dan teknik yang baru saja dijelaskan. Strategi sangat baik bila digunakan untuk mengajarkan pelajaran yang menuntut keterampilan tertentu Rumusan masalah penelitian ini adalah:Bagaimana peningkatan basil belajar fiqih materi salat ldul fitri dan ldul Adha dengan strategi modeling the way pad.a siswa kelas IV di MIS jenggot 02 Kota Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan basil belajar fiqih materi salat ldul jitri dan /du/ Adha dengan strategi modeling the way pada siswa kelas IV di MIS jenggot 02 Kota Pekalongan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupak:an penelitian tindakan kelas yang dilak:ukandalam tiga siklus. Tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes praktik, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: menunjukkan bahwa Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat 'idulfitri/adha siswa kelas IV MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan setelah menggunak:an strategi modeling the way (membuat contoh praktek) dapat dilihat dari kenaikan nilai hasil belajar peserta didik dimana pada pra siklus ada 13 peserta didik atau 41% yang tuntas naik menjadi. 1 7 peserta didik atau 53% pada siklus I naik lagi menjadi 22 peserta didik atau 68% dan pada tindakan siklus III tingk:at ketuntasan sudah mencapai 29 peserta didik atau 91%. Demikian juga pada keaktifan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dimana pada siklus 1 ada 18 peserta didik atau 56% naik menjadi 22 peserta didik atau 69% pada si.klusII dan pada tindakan siklus III sudah mencapai 28 peserta didik atau 87% yang termotivasi . pencapaian ini sesuai indikator yang ditentukan yaitu • meningkatkannya hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat 'id di kelas JV MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan setelah menggunak:an strategi modeling the way (membuat contoh praktek) dengan nilai ketuntasan 70 sebanyak 80% dan Meningkatkannya keaktifan belajar peserta didik kelas IV MIS Jenggot 02 Pekalongan Selatan pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat 'id menggunakan strategi modeling the way (membuat contoh praktek) pada kategori baik dan baik sekali sebanyak 80 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Modeling The Way
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:17
Last Modified: 24 Jan 2024 01:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item