Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Di MIS Menjangan BoJong Pekalongan

HANIMAH, IDA (2014) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Di MIS Menjangan BoJong Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (thesis)
2021311120 IDA HANIMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text (theses)
2021311120 IDA HANIMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kecerdasan interpersonal tidak dibawa sejak lahir maka untuk memperolehnya harus diasah dan dikembangkan oleh dirinya sendiri dalam pembelajaran yang berkesinambungan. Anak perlu dilatih untuk mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan bantuan orang tua, para pendidik maupun masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, peran lem9aga pendidikan di sini sangat dibutuhkan untuk rnembantu mengembangkan kece dasan interpersonal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mentngkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MJS Menjangan Bojong Pekalongan, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru dalatn meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong PekJlongan Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan upaj-a guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Me~jangan Bojong Pekalongan, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor pen9hambat upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MI'J Menjangan Bojong Pekalongan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilrrnan pendidikan dalam bidang psikologis, khususnya tentang kecerdasan interpersonal anak dan secara praktis penelitian ini berguna bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah; hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan dan pedoman bagi sek~Jah dalam upaya peningkatan kecerdasan interpersonal anak dan bagi orang tua dan pendidik; hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mendidik dan merpbimbing siswa untuk memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif Penelitian ini rnempunyai ciri-ciri; (1) nat~ralistic; (2) kerja lapangan; (3) instrumen utamanya rnanusia, dan ( 4) sifatnya deskriptif Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan metode dokurnentasi Hasil analisis yang dilakukan penulis rnenyatakan bahwa Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong sejauh ini sudah berjalan dengan baik meskipun dalarn pelaksanaannya masih perlu peningkatan baik dari segi manajemen, rnetode dan pendekatan yang digunakan dalarn rangka rnenurnbuhkan kecerdasan interpersonal siswa di MIS Menjangan Bojong Pekalongan. Adapun diantara upaya guru MIS Menjangan dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa yaitu melalui pendidikan karakter dalam kurikulurn, memberi kebebasan mengungkapkan rnasalah, pendekatan personal dan bermain, penanaman nilai-nilai moralitas Islam, belajar menyelesaikan konflik, mernbiasakan berbagi dengan sesama, dan menumbuhkan sikap kerjasarna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:45
Last Modified: 24 Jan 2024 01:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6892

Actions (login required)

View Item View Item