Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas 1 Mis Kaliketing Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan Tahun 2013

ADILAH, ADILAH (2015) Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas 1 Mis Kaliketing Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan Tahun 2013. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311128 ADILAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
2021311128 ADILAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa kelas 1 MIS Kaliketing Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan adalah anak yang membutuhkan pembelajaran langsung dalam setiap pembelajarannya. Dalam belajar melalui pengalaman langsung siswa tidak sekedar mengamati, tetapi menghayati, terlibat langsung dalam perbuatan dan bertanggung jawab terhadap hasilnya. Banyak metode dalam pembelajaran tetapi tidak semua metode demonstrasi dapat memberikan pengalaman langsung pada setiap proses pembelajaran yang dilakukan. Berdasar latar belakang tersebut rumusan masalah yang akan dikaji adalah: (1 )Apakah metode demonstrasi dapat meningkatan basil belajar Fiqih pada siswa kelas I MIS Kaliketing Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan? (2)Bagaimanakah problematika pembelajaran Fiqih materi pokok shalat pada siswa kelas 1 MIS Kaliketing Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan? Kegunaan peneletian ini: memberikan sumbangan pemikiran pada dunia pendidikan khususnya pendidikan ajaran agama Islam bagi anak, baik di rumah, memberikan sumbangan pemikiran berupa bahan pemikiran, kebijakan, pertimbangan dalam membimbing, pemimpin, mengarahkan dan menuntun anak didik untuk memiliki kesadaran mau menerima dan memilik jiwa tauhid, akhlak dan kesadaran beribadah, menjadi bahan pertimbangan untuk ikut mengadakan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari tiap siklus ini diamati kualitas proses pembelajaran yang terdiri dari aktifitas siswa dan basil belajar siswa yang diukur dari hasil test. Dari basil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi pokok shalat pada siswa kelas I MIS Kaliketing Doro Pekalongan dilakukan dengan guru melakukan Pre tes dengan cara tanya jawab sesuai dengan pengalaman siswa, berikutnya memberikan penjelasan materi dilakukan memberikan pengertian/penjelasan garis-garis besar pelaksanaan materi yang akan didemonstrasikan. Langkah selanjutnya guru menata meja dan berdempet-dempet ditengah sebagai arena untuk rnendemonstrasikan shalat sedang peserta didik yang melihat demonstrasi diletakkan melingkar dengan duduk secara rapi. Ada catatan tersendiri pada pernbelajaran shalat ini yaitu bahwa kemampuan yang diinginkan guru fiqih tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah melakukan pembelajaran shalat yang disesuaikan dengan jenjang tingkatan masing-masing peserta didik. Setelah proses demonstrasi selesai, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk tindak lanjut melakukan sendiri atau lebih dengan istilah unjuk kerja. Dari pelaksanaannya, penilaian menggunakan acuan nilai-nilai

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi, Aris NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih, Metode Demonstrasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:15
Last Modified: 24 Jan 2024 02:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item