Persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan agama islam di kampung nelayan desa api-api kecamatan wonokerto kabupaten pekalongan

Zakirotunnikmah, Zakirotunnikmah (2015) Persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan agama islam di kampung nelayan desa api-api kecamatan wonokerto kabupaten pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110112 ZAKIROTUNNIKMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Other
2021110112 ZAKIROTUNNIKMAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Zakirotunnikmah. 2015. PERSEPSl MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KAMPUNG NELA YAN DESA API-API KECAMATAN WONOKERTO KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Abdul Khobir, M.Ag .. Kata Kunci: Masyarakat Nelayan, Pendidikan Agama Islam Persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan agarna Islam adalah tanggapan atau penilaian yang diberikan seseorang terhadap pendidikan agama Islam. Penilaian dan tanggapan antara orang yang satu dengan yang lain berbeda• beda karena setiap orang mempunya alasan-alasan tersendiri. Kondisi nelayan yang sering pergi mencari ikan di tengah taut dengan kurun waktu yang tidak tentu maka mereka juga mempunyai persepsi terhadap pendidikan agama Islam dengan alasan yang berbeda dengan orang-orang yang bekerja di darat, Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di keluarga nelayan di Kampung Nelayan Desa Api-Api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan? Bagaimana persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan agama Islam di Kampung Nelayan Desa Api-Api Kecamatan Wonokcrto Kabupaten Pekalongan? Faktor-Faktor apa yang membentuk persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan agama Islam di Kampung Nelayan Desa Api-Api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini menekankan analisis yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau simbol, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini bersifat induktif, yaitu salah satu cara herpikir dengan fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit, kemudian ditarik kesimpulan yang umum. Teknik analisis data ini dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian tentang persepsi masyarakt nelayan terhadap pendidikan agama Islam di Kampung Nelayan Desa Api-Api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan adalah: Dikarenakan seorang suami yang sering pergi melaut maka kegiatan pendidikan agama Islam di dalam keluarga lebih digantungkan pada sang istri. Sang istri mempunyai peran utama dalam mendidik anak-anaknya. Keluarga nelayan mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mendidik anak-anak mereka, secara umum mereka mempunyai keinginan agar tmak-annknyn lc.,bih h~Jk dlU'I kaduc& o~ng tucmyA drtllll'tl Umu iiQcimµ Jalnm. Sebagian besar masyarakat nelayan Api-Api sudah menyekolahkan anak-anaknya

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Nelayan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:57
Last Modified: 24 Jan 2024 03:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6901

Actions (login required)

View Item View Item