Penjngkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Siswa Kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Moga Pemalang

MUYASAROH, NUNING (2016) Penjngkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Siswa Kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Moga Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311142 NUNING MUYASAROH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text (thesis)
2021311142 NUNING MUYASAROH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media Pembelajaran merupakan sarana dan prasarana untuk menunjang terlaksananya kegiatan pemelajaran serta penunjang pendidikan tentuna perlu mendapat perhatian tersendiri. Keberadaannya tidak dapat diabaikan begitu saja dalam proses pend dikan,khususnya dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya media pernbelajarun. pelaksanaan pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkaian kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui penggunaaan media kartu kata pada siswa kelas I MI Rahmatul Umat O 1 Walangsanga Moga Pemalang. Metodologi dalam penelitian ini rnenggunakan metode penelitian tindakan kclas(clas room action research), teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara l.iin dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. analisis data yang digunakan adalah dengan meto e deskriptif, subyek penelitian peserta didik kelas I Ml Rahmatul Umat O 1 Wal rgsanga Moga Pernalang. Hasil akhir dari penelitian sebagai berikut : pertatna, Pelaksanaan Media Kartu Kata telah dilaksanakan oleh guru clengan baik.begitu juga siswa dalam menunjukan kriteria baik. hal ini terbuktidengan hasil ketrarnpilan rnembaca siswa dalam belajar pad.i siklus diperoleh proseruuse 71,3°10 yang terdiri dari ketcpatan dalam mernbaca sebesar 69,4% dengan rata-ratasl.or 2.08,kelancaran mernbaca sebesar 69,4% dengan rata-rata skor2.08 dan kefasihun memaca sebesar 75% dengan rata-rata skor 2.25.pada II siklus ketrampilan siswa dal:1111membaca diperoleh prosentase 8.75%, yang terdiri dari ketepatan membaca sebesar 94.-1°/c) dengan rata-rata 2.83, kelancaran membaca sebesar 100% dengan rata-rata 3.00. kefas han mernbaca sebesar 97.2% dengan rata-rata 2.92. Scdangkan keaktifan siswa pada siklu~ I diperoleh prosentase prosentase 6.29% yang tercliri dari keatifan siswa dal:1111 berta~yc1 62,5%, menjawab pertanyaan61, 1 %, dan akiif menyimpulkan 65.2%. Sedangkan keaktifan pacla siklus II diperoleh prosentase skor 91.6°;;)yang terdiri dari keakti: .. 111 berta I ya 9.2%, aktif menjawab pertanyaan 93%. clan aktif mcnyirnpulkan 90.2%. Kedua, Kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa setelah dilaksanakan Media Kart Katajuga menunjukan kriteria baik, hal ini berdasarkan Prestasi hasil belajar siswu pada fiklus I diperoleh nilai rata-rata 76,29, dengan ketuniasan klasikal sebesar 62,5 ".;). S~d~qgkan pada ~iklu: II. basil bela_ja.r siswa dipero.lel: 22 sisw~ atau 91,6~o t~lah mencapui nilai 170 atau lebih. nilai rata-rata siswa 81,04, 111la1 tcrungg: 96 clan nilai terenclah W Deng n demikian pcmahaman siswa yang diketahui dc1ri huxi l belajar siswa pada xik lu- ll telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Ketig«, Penggunaan Media Kartu Kuta berdal arkan hasil pcnclitian yang dijelaskan dapat mcningkatkan kernampuan mernbacu huruf hijiyah siswa kelas I Ml ahmatul Urnat 01 Walangsanga Moga Pernalang sehingga rumusan hipotesisyang diajukan yairu pernbelajaran dengan menggunakan metode media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan memnbaca huruf hijaiyah sisw» kelas I MI Rahmaiul lJmat O I Walangsanga Moga Pernalang dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu'in, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kernampuan Membaca Huruf Hijaiyah Penggunaan Media Pembelajaran Kartu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:22
Last Modified: 24 Jan 2024 04:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6903

Actions (login required)

View Item View Item