Pola Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ribatul Muta'allimin Landungsari Pekalongan

Mukaromah, Rohilatul. (2015) Pola Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Ribatul Muta'allimin Landungsari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110075 ROHILATUL MUKAROMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2021110075 ROHILATUL MUKAROMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pola belajar merupakan suatu cara bagaimana siswa melaksanakan kegiatan belajar misalnya bagaimana mereka mempersiapkan belajar, mengikuti pelajaran, aktivitas belajar mandiri yang dilakukan, pola belajar mereka, cara mengikuti ujian. Pondok Pesantren Ribatul Muta'allimin merupakan salah satu pondok pesantren di kota Pekalongan yang memiliki ratusan santri yang juga sekolah di lembaga formal, dari banyaknya santri tersebut tentunya mereka memiliki pola belajar sesuai dengan aktivitas mereka di pesantren. Keadaan pesantren yang ramai dan kegiatan pondok pesantren yang padat, sehingga membuat para santriwati harus dapat membagi waktunya antara belajar untuk mata pelajaran sekolah formal dan membagi waktu untuk kegiatan di pondok pesantren. Mereka bisa berprestasi di sekolah dan bisa juga mengerjakan kewajibannya belajar di pondok pesantren. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pola belajar santriwati di pondok pesantren Ribatul Muta'allimin Landungsari Pekalongan, dan faktor-faktor yang mendukung dan merighambat pola belajar santriwati di pondok pesantren Ribatul Muta'allimin Landungsari Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola belajar santriwati di pondok pesantren Ribatul Muta'allimin Landungsari Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pola belajar santriwati di pondok pesantren Ribatul Muta'allimin Landungsari Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan metode analisis data desk:riptif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa pola belajar santriwati beraneka ragam ada yang visual, auditorial, dan kinestetik, namun diantara mereka kebanyakan pola belajamya visual. Dari subjek yang penulis teliti ada 6 santriwati siswa yang pola belajamya adalah visual, ada 2 santriwati yang pola belajamya auditorial, dan 1 santriwati yang pola belajarnya kinestetik. Faktor pendukung pola belajar santriwati antara lain mood (suasana hati) dan faktor ekstemal seperti menyukai guru yang mengajar, suka dengan mata pelajaran yang akan di pelajari, adanya motivasi dari teman, ada ulangan, untuk memperoleh nilai yang baik, ingin meraih cita-cita, keinginan untuk membanggakan dan membahagiakan orang tua santriwati. Sedangkan untuk faktor penghambatnya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:28
Last Modified: 24 Jan 2024 06:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item View Item