Korelasi Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Degan Motivasi Belajar Siswa MI Islamiyah Tumbrep 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

TUTI MAGHFIROH, DWI (2015) Korelasi Persepsi Siswa Tentang Kedisiplinan Guru Degan Motivasi Belajar Siswa MI Islamiyah Tumbrep 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (thesis)
2021311147 DWI TUTI MAGHFIROH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Text (thesis)
2021311147 DWI TUTI MAGHFIROH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Disiplin merupakan konsistensi dan konsekuen seseorang terhadap komitmen atau kesepakatan bersama yang berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai, waktu, dan proses pelaksanaan suatu kegiatan. Sifat kedisiplinan sangat penting bisa ditunjukan oleh seseorang, salah satunya adaJah sebagai pendidik. Pendidik sebagai orang tua siswa di sekolah sudah selayaknya memberikan contoh sikap disiplin bagi siswanya agar bisa dicontoh. SaJah satu akibatnya adalah adanya motivasi tersendiri bagi siswa untuk semangat dalam belajar. Untuk itu perlu adanya suatu penelitian yang menerangkan berapa besar hubungan antara sifat kedisilinan dari pendidik terhadap motivasi belajar siswa di sekolah. Berdasarkan uraian di atas, maka penuJis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana persepsi siswa tentang kedisiplinan guru di MI Islamiyah Tumbrep 01, Bagaimana motivasi belajar siswa di Ml Islamiyah Tumbrep 01, dan Bagaimana korelasi persepsi siswa tentang kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di Ml lslamiyah Tumbrep 01. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis data berupa analisis product moment. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dengan menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan MU Tumbrep 01, dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang kedisiplinan guru di sekolah tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dari interval angket tata tertib peserta didik dengan hasil presentase 82% yaitu terdapat dalam presentase 81,25% - 100%. Setelah dilakukan analisis, maka hasil 82% berarti termasuk dalam kategori sangat baik. Tingkat motivasi belajar siswa di MJI Tumbrep 01 termasuk dalam kategori sangat baik, hat ini dibuktikan dari interval angket perilaku kedisiplinan peserta didik dengan hasil presentase 84% yaitu terdapat dalam presentase antara 81,25% -100% yang berarti termasuk dalam kategori sangat baik. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kedisiplinan guru dengan motivasi belajar siswa di MJI Tumbrep O 1. Hal ini dibuktikan dari basil perhitungan rxy yang diperoleh sebesar 0,49 dimana pada taraf signifikan 5% dengan N= 28 sebesar 0,374 yang berarti rxy > r, atau 0,49 > 0,374 sehingga terdapat korelasi. Begitu juga pada taraf signifikan 1 % diperoleh rxy > r. atau 0,49 > 0,478 yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap kedisiplinan yang ditunjukan oleh guru di MI Islamiyan Tumbrep 01 Kee. Bandar Kab. Batang memiliki hubungan yang sangat erat terhadap motivasi belajar yang dimiliki oleh siswanya. Semakin baik sikap disiplin yang dimiliki oleh guru, maka semakin baik pula motivasi belajar yang dimiliki oleh siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kedisiplinan, Motivasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:06
Last Modified: 24 Jan 2024 07:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item