Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Bridging Analogy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi SPLDVDI MTS Nurul Islam

Fitrotunnida, Tsania (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Bridging Analogy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi SPLDVDI MTS Nurul Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620030_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2620030_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran. Model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan Bridging Analogy dapat membuat siswa aktif dan mempermudah memahami materi, sehingga memiliki pengaruh yang baik dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan, hasil belajar, dan pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan Bridging Analogy. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan Bridging Analogy terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi SPLDV di MTs Nurul Islam. Jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 72 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 36 siswa dan VIII B dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji independent simple t test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa H_0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan Bridging Analogy terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi SPLDV di MTs Nurul Islam dengan sig(Two-Sided p) sebesar <0,001, dimana nilai <0,001<0,05 sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Bridging Analogy, Hasil Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:51
Last Modified: 19 Feb 2024 08:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item