Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Membiasakan Akhlak Terpuji Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Di Kelas III MII Wiroditan Bojong Kabupaten pekalongan

Istiqomah, Istiqomah (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Membiasakan Akhlak Terpuji Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Di Kelas III MII Wiroditan Bojong Kabupaten pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311158 ISTIQOMAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
2021311158 ISTIQOMAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelajaran aqidah akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa cukup sulit clan tidak menarik bagi banyak siswa di madrasah. Kemudian guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, Hal ini berdampak buruk bagi keaktifan belajar siswa. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini ada_lah dengan menerapkan strategi active knowledge sharing agar siswa mampu berperan secara aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya untuk bisa menguasai pelajaran atau mencapai kompetensi mata pelajaran aqidah akhlak. Penerapan strategi active knowledge shfing yang dibina oleh guru di MIT Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan yang lakan peneliti kaji dalam penelitian ini Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalali: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi active knowledge sharing pada mata pelajaran aqidah akhlak di MIT Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan?2) Apakah strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak di MIT Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah: 1 )untuk mengetahui pelaksanaan strategi active knowledge sharing pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mil Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan 2)untuk mengetahui apakah strategi active knowledge sharing dapat meningkatkan ,:.eaktifan belajar siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak di MII Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: I )Secara teoritis, diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, dan secara praktis menjadi sumbangan pemikiran bagi MII Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan untuk lebih me • gkatkan mutu kegiatan belajar mengajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakfkan dalam tiga siklus. Tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data adalah dengan cara pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan evaluasi belajar. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan strategi active knowledge sharing pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mii Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, melalui penelitian tindakan kelas, pada satu kelas, yaitu kelas III, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a)Guru membuat pertanyaan-pertanyaanyang berkaitan dengan materi. Pertanyaan berupa soal uraian, (b)Guru meminta siswa untuk menjawab perraryaan, (c) Guru meminta semua siswa untuk berkeliling mencari teman yang dapat membantu menjawab pertanyaan yang tidak diketahui atau diragukan jawabannya. Guru menekankan pada siswa untuk saling membantu, d. Guru meminta siswa untuk kembali ke tempat duduk masing-masing. Kemudian guru memeriksa jawaban mereka Pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siswa, diulas dan dijawab oleh guru bersama siswa. Kemudian jawaban-jawaban yang muncul digunakan sebagai jembatan untuk mengenalkan topik-topik 1ang penting di kelas; 2)Aktivitas siswa di kelas III Mii Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan melalui strategi active knowledge sharing, pada pra siklus dipero eh skor rata-rata 1,40 dengan kriteria kurang, pad.a siklus I diperoleh skor rata rata 2,40 dalam kriteria sedang, pada siklus II diperoleh skor rata-rata 2,70 dalam kriteria baik, dan pada Siklus III diperoleh skor rata-rata 3,70 dalam kriteria sangat baik sehingga mengalami peningkatan sebesar 1,00 pada pra siklus ke siklus I, 0,30 pada siklus I ke siklus II, dan 1,00 pada siklus II ke Siklus III, Peningkatan terjadi karena siswa sudah memperhatikan pelajaran dengan sungguh-sungguh, sudah dapat menguasai materi pembelajaran dengan baik, dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, StrategiActive Knowledge Sharing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:25
Last Modified: 25 Jan 2024 01:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item