Korelasi Antara Kedisiplinan Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014

Nasirin, M. (2014) Korelasi Antara Kedisiplinan Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311163 MUHAMMAD NASIRIN BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
2021311163 MUHAMMAD NASIRIN FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak hal yang mempengaruhi basil belajar dalam I,iroses pembelajaran, peranan guru sebagai pelaksana pembelajaran perlu meningkatkan profesionalismenya dalam hal kegiatan belajar mengajar sekolah terutama kedisiplinan. Dengan kata lain kedisiplinan merupakan salah !pltu syarat agar basil belajar siswa siswa di sekolah menjadi baik. Selain itu kedisiplinan guru juga merupakan suatu rangsangan bagi siswa agar lebih clisiplin dalam belajar. Adapun rumusan masalab yang penulis ajukan adalah: l) bagaimana kedisplinan guru MIS Kaclipaten Wiradesa Kabupaten Peka ongan?2)bagaimana motivasi belajar siswa MIS Kadipaten Wiradesa KabUPften Pekalongan?3) bagaimana korelasi antara kedisplinan guru dengan motivasi belajar siswa MIS K.adipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongaa? Tujuan ~elitian ini adalah: 1 )untuk mengetahui kedisplinan guru MIS Kadipaten \Yiradesa Kabupaten Pekalongan 2)untuk mengetahui motivasi belajar siswa MIS ~adipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan 3)untuk mengetahui korelasi antara keclisplinan guru dengan motivasi belajar siswa MIS K.adipaten Wiradesa Kali>upaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: 1 )Secara teoritis, diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang ~didikan, dan secara praktis menjadi sumbangan pemikiran bagi MIS Kadipaten Wiradesa Kabupaten Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutu kegiatan belajar ipengajar. Metode Penelitian, meliputi desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan penelitiannya adalah penelitian lapangan. Po~ulasi dari penelitlan ini adalah 214 siswa kelas MIS Kaclipaten. Teknik pengum:,1;1 datanya adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket, dengan te analisis statistik menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian: 1 )kedisiplinan guru sudah baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata basil angket tentang kedisiplinan guru MIS Kaclipatet3 adalah 68,76, nilai ini terletak pada interval persentase nilai 68,,5-72,4 yang ~ya baik 2) Motivasi Belajar Siswa MIS Kaclipaten adalah baik, dibuktikan dengaa nilai rata-rata hasil angket tentang motivasi belajar siswa MIS Kadipaten adalah 66,46, skor rata-rata ini terletak pada interval rata-rata skor 66,5-69,4 yang • ya Baik., dan 3) kedisiplinan guru mempunyai pengaruh yang signifikan te motivasi belajar siswa MIS Kadipaten. Dari basil perhitungan = 0,483 = I ri, , maka I ri,I = 0,483 Pada tingkat kesalahan 5% ft = 0,284, berarti I ri, I > ft, m diterima.Pada tingkat kesalahan 1 % Tt = 0,368, berarti I ri, I ft, maka Ho ditolak 5% maupun 1 % kesimpulanya sama,Sesuai dengan hipotesis yang penulis ajukan "Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terba motivasi belajar siswa MIS Kaclipaten" terbukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisplinan Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:40
Last Modified: 25 Jan 2024 01:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6921

Actions (login required)

View Item View Item