Konseling Individu Berbasis Islam dalam Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Kelas VIII di SMP Islam Comal.

Arrum, Atnindya (2018) Konseling Individu Berbasis Islam dalam Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Kelas VIII di SMP Islam Comal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Konseling individu merupakan layanan konseling yang dilakukan oleh Guru BK terhadap siswa dalam rangka pengentasan masalah pribadi siswa secara langsung atau tatap muka dan berinteraksi langsung antara guru BK dan siswa untuk membahas berbagai hal tentang masalah yang dialami siswa. Siswa kelas VIII di SMP Islam Comal masih terdapat beberapa siswa yang membolos, baik membolos jam pelajaran maupun membolos tidak datang ke sekolah tanpa keterangan yang jelas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan sekolah, keluarga, teman sebaya, dan mata pelajaran yang tidak disukai. Dimana faktor-faktor tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti latar belakang dan status seseorang. Oleh karena itu perlu adanya konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Bagaimana konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal ? dan Apa saja faktor penghambat dan pendukung konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal ?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui konseling individu berbasis Islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal, dan juga Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman antara lain : Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal sudah dapat berjalan dengan baik yang dibuktikan bahwa siswa sudah mulai mengikuti nasehat dan arahan guru, siswa sudah tidak membolos. Faktor pendukung konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal adalah adanya perhatian dari guru dan sudah adanya kesadaran dari siswa. Adapun faktor yang menghambat konseling individu berbasis islam dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas VIII di SMP Islam Comal adalah siswa yang kepribadiannya masih tertutup dan kurangnya perhatian dari keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Perilaku Membolos
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:11
Last Modified: 25 Jan 2024 03:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item View Item