Metode Pembiasaan Pembelajaran Shalat Dhuha Berjama'ah Untuk Menanamkan Akhlak Terpuji Di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Rosida, Maria (2014) Metode Pembiasaan Pembelajaran Shalat Dhuha Berjama'ah Untuk Menanamkan Akhlak Terpuji Di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110088 MARIA ROSIDA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110088 MARIA ROSIDA BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan umat manusia, tanpa pendidikan manusia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, sebagai individu maupun masyarakat dan bangsa, sebab jatuh bangunya suatu masyarakat tergantung kepada bagaimana akhlaknya. Akhlak yang terpuji dalam agama Islam adalah melaksanakan kewajiban-kewajiban,menjauhi segala larangan-larangan, memberikan hak kepada Allah, makhluk, sesama manusia dan alam sekitarnya dengan sebaik-baiknya, Dengan demikian bahwa perlu adanya penanaman akhlak terpuji kepada anak agar anak memiliki pondasi hidup untuk masa depanya kelak.Oleh karena itu seorang pendidik yang baik harus bisa mengetahui dan mengusai tentang metode-metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan terutama untuk menanamkan akhlak terpuji kepada peserta didiknya. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, apa sajakah akhlak terpuji yang terkandung dalam pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah diSDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah untuk menanamkan akhlak terpuji di SDIT Bahrul Uum kedungwuni Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui akhlak terpuji yang terkandung dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah untuk menanamkan akhlak terpuji di SDIT Bahrul Ulum kedungwuni Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaanmetode pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah di SDIT Bahrul Ulum kedungwuni dilakukan secara kontiniu teratur dan terpogram. Akhlak terpuji yang terkandung dalam pembiasaan pembelajaran shalat dhuha berjamaah di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni yaitu kepatuhan siswa terhadap perintah, kedisiplinan siswa, kejujuran, toleransi, ukhuwah islamiyah, dan selalu berdo'a.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, shalat dhuha berjamaah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:09
Last Modified: 25 Jan 2024 07:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item