Penggunaan Metode Drill Dalam Menghafal Asmaul Husna Di RA Al Karomah Kauman Batang

HANIFAH, NUR (2016) Penggunaan Metode Drill Dalam Menghafal Asmaul Husna Di RA Al Karomah Kauman Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311172 NUR HANIFAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text (Thesis)
2021311172 NUR HANIFAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28 ayat 3 menyatakan bahwa Raudhatul Atfal (RA) merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang bertujuan membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi, baik :fisik maupun psikis yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, sosial, emosional, kemandirian, kognitif, bahasa, motorik dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. Metode drill adalah memberikan pekerjaan kepada peserta didik secara kontinu agar peserta didik dapat terbiasa melakukannya. Melihat latar belakang di atas maka yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana penggunaan metode drill dalam menghafal Asmaul Husna di RA Al Karomah Kauman Batang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penggunaan metode drill dalam menghafal Asmaul Husna di RA Al Karomah Kauman Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan atau penggunaan metode drill dalam menghafal Asmaul Husna di RA Al Karomah Kauman Batang dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan metode drill dalam menghafal Asmaul Husna di RA Al Karomah Kauman Batang. Adapun kegunaan penelitian secara praktis untuk mengetahui manfaat metode drill dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pertanna, Penggunaan metode drill dalam menghafal Asmaul Husna di RA Al Karomah Kauman Batang terbagi menjadi tiga tahap yakni tahap pertama sebelum memulai kegiatan inti atau kegiatan belajar mengajar, tahap kedua saat kegiatan inti dengan menyesuaikan tema pembelajaran, tahap ketiga saat kegiatan pembelajaran berakhir atau waktunya pulang. Kedua, Faktor yang mendukung penggunaan metode drill dalam menghafal Asmaul Husna di RA Al Karomah Kauman Batang, yakni adanya dukungan dari orang tua, lingkungan Raudlatul Athfal yang islami, bacaan asmaul husna yang mudah untuk dihafal, adanya lagu-lagu, permainan dan alat peraga yang dapat dijadikan sarana menghafal asmaul husna. Sedangkan faktor yang menghambat, yakni: peserta didik yang malas, peserta didik keasikan bermain dan jam pembelajaran yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Drill Dalam Menghafal Asmaul Husna
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:08
Last Modified: 25 Jan 2024 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item