Penerapa Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Kelas Vii Materi Shalat Berjamaah Di Mts. Attaqwa Bandar Kabupaten Batang

ABDILAH, MOH (2016) Penerapa Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Kelas Vii Materi Shalat Berjamaah Di Mts. Attaqwa Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311173 MOH. ABDILAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
2021311173 MOH. ABDILAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode mempunyai peran yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Metode yang dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar bermacam macam. Dalam mengajar, jarang ditemukan guru menggunakan satu metode, tetapi kombinasi dari dua atau beberapa macam metode. Banyak kendala yang dihadapi untuk mewujudkan siswa yang benar• benar berkompeten, karena tidak sedikit siswa yang merasa bosan dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran fikih di kelas. Oleh karena itu pendidik harus mempunyai metode yang tepat agar bisa menarik perhatian siswa serta memberikan pemahaman bagi mereka. Melihat hal yang demikian, sungguh sangat disayangkan. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengangkat judul: Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Kelas VII di MTs. Attaqwa Bandar Kabupaten Batang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitati£ Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui perubahan minat belajar semua siswa pada mata pelajaran Fikih, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang telah didapatkan dari hasil dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis siswa yang mengalami perubahan (peningkatan) prestasi belajar yang diperoleh dari hasil observasi pada tindakan siklus I dan siklus II. Pada analisis Kuantitatif ini digunakan rumus : P = f x 100 Keterangan: P = Prosentase jawaban, F= Frekuensi jawaban, N = Jumlah responden. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1 ). tidak sedikit siswa yang merasa bosan dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran Fikih di kelas. Hal tersebut tentunya menjadi kendala dalam proses pembelajaran, akibatnya proses pebelajaran yang berlangsung sangat membosankan dan kurang efektif sehingga tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Oleh karena itu pendidik harus mempunyai metode yang tepat agar bisa menarik perhatian siswa serta memberikan pemahaman bagi mereka. 2). Setelah peneliti menggunakan metode jigsaw, sebenarnya sudah ada peningkatan prestasi belajar, akan tetapi peningkatan tersebut belum dari semua siswa.Dan 3).Pada pembelajaran metode jigsaw berikutnya,peningkatan Pestasi belajar yang dicapai sudah cukup maksimal,karena semua siswa mampu pembelajaran.berperan aktif dan sangat menikmati pelaksanaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Prestasi Belajar, Fikih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:47
Last Modified: 25 Jan 2024 07:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item