Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar AI-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs YAPIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Rizqiyah, Mustmirotur (2015) Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar AI-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs YAPIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110094 MUSTMIROTUR RIZQIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110094 MUSTMIROTUR RIZQIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode mengajar adalah teknik penyajian yang dikuasai gum untuk mengajar atau menyajikan bahan pengajaran kepada siswa di dalam kelas. Di MTs Y APIK Karanganyar, pembelajaran AI-Qur'an Hadits yang semula menggunakan metode ceramah, telah menerapkan metode hafalan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Qur'an Hadits peserta didik. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah bagaimana pelaksanaan metode hafalan di MTs Y APIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan, bagaimana prestasi belajar AI-Qur'an Hadits siswa kelas VIII MTs YAPIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan, bagaimana pengaruh tnetode hafalan terhadap prestasi belajar Al-Qur'an Hadits siswa kelas VIII MTs YAPIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode hafalan di MTs YAPIK Karanganyar kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar AI-Qur'an Hadits Siswa Kelas VIII MTs Y APIK Karanganyar kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar Al-Qur'an Hadits siswa kelas VTII MTs YAPIK Karanganyar kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah pcnclitian lapangan (field research). Tek.nik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, pengisian angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan rumus yang digunakan adalah rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan nilai (rxy) = 0,58. Interpretasi secara sederhana pada tabel patokan interpretasi nilai r terletak pada interval 0,41 - 0, 70, yang berarti terdapat hubungan yang cukup atau sedang antara metode hafalan dengan belajar Al-Qur'an hadits siswa kelas VIII di MTs YAPIK MTs YAPIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Sedangkan berdasarkan interpretasi secara cermat diperoleh nilai Ties= 2,948 diketahui pada taraf kesalahan 5% Ttabel = 2,01(>, yang berarti Ttes ~ Ttabel, pada taraf kesalahan 1% Ttabel = 2,695, yang berarti Ttes ~ Ttabel· sehingga dapat disimpulkan bahwa pada taraf kesalahan 5% maupun 1 % metode hafalan mempunyai pengaruh positif yang cukup signifikan te~hadap prestasi belajar Al-Qur'an hadits siswa kelas Vill di MTs YAPIK Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dengan dernikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hafalan, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:05
Last Modified: 25 Jan 2024 08:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6938

Actions (login required)

View Item View Item