Penerapan Takzir dalam Program Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2017-2018

Tibrizi, M. Ali (2017) Penerapan Takzir dalam Program Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2017-2018. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah, Berdisiplin merupakan suatu yang berkenaan dengan pengendalian diri seseorang terhadap bentuk-bentuk aturan. Peraturan dimaksud dapat ditetapkan oleh orang yang bersangkutan maupun berasal dari luar. Agar kegiatan Bimbingan dan Konseling di sekolah dapat berhasil dengan baik, maka perlu disusun suatu program atau rencana yang sebaik-baiknya. Dengan program yang baik maka kegiatan bimbingan akan lebih efisien. Hukuman adalah sanksi fisik maupun psikis untuk kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan, hal tersebut adalah sebuah cara untuk mengarahkan sebuah tingkah laku agar sesuai dengan aturan yang berlaku secara umum. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Takzir dalam Program Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2017-2018? 2) Bagaimana Dampak Penerapan Takzir dalam Program Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2017-2018?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk Mengetahui Penerapan Takzir dalam Program Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2017-2018? 2) untuk Mengetahui Dampak Penerapan Takzir dalam Program Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan Tahun Ajaran 2017-2018?. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pedekatan yang digunakan adalah studi kasus, dimana penelitian ini hanya fokus pada satu kasus dan terikat pada satu tempat yakni sekolah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (model interaktif) antara lain: Reduksi data, Penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conlusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan takzir pada siswa dengan menggunakan bentuk takzir seperti: membaca ayat suci al-Qur’an dan shalawat nariyah, menyapu ruangan kelas, menyapu halaman sekolah, membersihkan toilet sekolah, melakukan gerakan PBB, dikeluarkan dari sekolah, pemberian Skor pelanggaran. Dampak dari penerapan takzir pada siswa antara lain: meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah, meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah, meningkatkan kedisiplinan siswa dalam sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Takzir, Bimbingan Konseling, Kedisiplinan.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:53
Last Modified: 25 Jan 2024 07:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item