Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan

GHOFUR, ABDUL (2014) Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311181 ABDUL GHOFUR BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
2021311181 ABDUL GHOFUR FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Orang tua yang memiliki fungsi cukup besar dalam menghantarkan putra putrinya dalam pendidikan tentu mampu melakukan pengawasan dan memotivasi anak untuk mau belajar di rumah. Tetapi orang tua tidak boleh terlalu memaksa anak belajar secara terus menerus dengan waktu yang cukup Jama, sehingga anak tidak akan merasa termotivasi untuk belajar tetapi justru sebaliknya anak akan menjadi jenuh (bosan) belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas V SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas V SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis yakni untuk memberikan pengetahuan tentang perlunya perhatian orang tua dalam memilih pendidikan baik bagi anaknya. Sedangkan secara praktis yakni sebagai masukan bagi SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan untuk selalu meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik kualitatif deskriptif Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V di SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan, antara lain: Mengawasi jadwal belajar anak dengan teratur, Meningkatkan disiplin dan semangat belajar, Meningkatkan konsentrasi belajar anak, dan Mengatur istirahat atau tidur anak dengan baik. Kedua, faktor yang mendukung peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V di SD Negeri Kutorembet Lebakbarang Pekalongan, meliputi: adanya semangat atau motivasi belajar pada anak, adanya perhatian dari orang tua untuk mendampingi anaknya belajar, adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk belajar di rumah. Sedangkan faktor yang menghambat, meliputi: keadaan ekonomi sosial keluarga dan kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:47
Last Modified: 26 Jan 2024 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item