Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Agama Islam di TK IT Ulul Albab 2 Pekalongan

Azmi, Naelul Amalia (2014) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Agama Islam di TK IT Ulul Albab 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110103 NAELUL AMALIA AZMI BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (7MB)
[img] Text
2021110103 NAELUL AMALIA AZMI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembiasaan dinilai sangat efektif jika penerapannya dilakukan terhadap peserta didik yang berusia kecil. Karena memiliki ingatan yang kuat dan kondisi kepribadian yang belum matang, sehingga mereka mudah terlarut dengan kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai awal dalam proses pendidikan, pembiasaan merupakan cara yang sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral ke dalam jiwa anak. Nilai-nilai yang tertanam dalam dirinya ini kemudian akan termanifestasikan dalam kehidupannya semenjak ia mulai melangkah ke usia remaja dan dewasa Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode pembiasaan dalam pendidikan Agama Islam di TKIT Ulul Albab 2 kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan da!am pendidikan Agama Islam di TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan mengharnbat pelaksanaan metode pembiasaan dalam pendidikan Agama Islam di TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka-angka. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam dilakukan dalam 3 jalur kegiatan yaitu : kegiatan rutin, kegiatan khusus dan kegiatan terintegrasi dengan pengembangan lain. Adapun bentuk. implcmentasi metode pembiasaan dalam pendidikan agama Islam di TKJT Ulul Albab 2 Pekalongan yaitu: (l). Pemhiasaan dalarn akidah, yaitu: membiasakan mengingat Allah dilakukan dengan cara membiasakan anak untuk mengucapkan kalimat toyyibah (2). Pembiasaan dalam ibadah, (Pembiasaan shalat, Pembiasaa puasa, Pembiasaan doa harian, Pembiasaan tilawah atau muroja'ah ) (3). Pembiasaan dalam Akhlak ( Pembiasaan salam dan salim, pembiasaan adab makan, pembiasaan hidup bersih, pembiasaan bertutur kata yang sopan ).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pcmbiasaan dan Pendidikan Agarna Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:47
Last Modified: 26 Jan 2024 07:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6951

Actions (login required)

View Item View Item