Upaya Pondok Pesantren Muhammadiyab Miftahul Ulum Pekajangan dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Santriwati

Listiyaningsih, Dewi. (2015) Upaya Pondok Pesantren Muhammadiyab Miftahul Ulum Pekajangan dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Santriwati. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110106 DEWI LISTIYANINGSIH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110106 DEWI LISTIYANINGSIH BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan adalah salah satu pondok pesantren modern yang ada di Pekalongan. Pondok iru berupaya untuk menghidupkan nilai-nilai agama islam melalui sistem pendidikan pesantren yang Iebih komprehensif dalam berilmu dan beramal menurut tuntutan Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana pondok modern pada umumnya, pondok ini juga mengedepankan santri-santrinya untuk menguasai berbagai macam bahasa. Berdasarkan Iatar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Upaya apa saja yang dilakukan Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan dalam mengembangkan kecerdasan verbal - linguistik santriawatinya. Faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat .dan mendukung dalam upaya mengembangkan kecerdasan verbal - linguistik santriawati di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah menambah khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan, dan dapat memberikan wawasan baru kepada masyarakat dalam mengembangkan kecerdasan verbal- linguistik yang ada di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan. Penelitian nu menggunakan pendekatan kualitatif, artinya suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field reseach). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan dengan melakukan berbagai kegiatan, diantaranya: penambahan kosa kata, muhadhoroh (pidato), muhadasab (percakapan), penulisan jurnal, pembuatan mading, dan pengkaryaan santri. Adapun faktor-faktor yang mendukung diantaranya adalah adanya jiwa kepondokan yang dimiliki oleh pembina dari santriwati dan juga adanya kemauan dari santriwati untuk belajar. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah kurangnya kerjasama antara pesantren dengan sekolah formal yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan, kernarnpuan dari diri santriwati, kurangnya kemampuan yang dimiliki para pembina, dan juga kurang tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Verbal-Linguistik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:13
Last Modified: 26 Jan 2024 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item