Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar PAI Materi Sholat Fardlu Siswa Kelas III Sd Kedungsegog 02 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Melalui Metode Demonstrasi ~

MUNIF, MUH. (2014) Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar PAI Materi Sholat Fardlu Siswa Kelas III Sd Kedungsegog 02 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang Melalui Metode Demonstrasi ~. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311200 MUH.MUNIF BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
2021311200 MUH. MUNIF FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu metode yang digunakan oleh guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Kedungsegog 02 dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan metode demonstrasi adalah cara mengajar dimana pendidik mempertunjukkan tentang proses sesuatu, atau laksanaan sesuatu sedangkan peserta didik memperhatikannya. Metode emonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar inya siswa bukan lagi bersifat pasif dalam pembelajaran namun siswa men adi pelaku dalam pembelajaran tersebut mereka aktifuntuk mengembangkan pem lajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keaktifan belajar PAI materi sholat fardlu siswa kelas III SD Kedungsegog O2 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang sebelum dan sesudah menggunakan rnetode demonstrasi penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar PAI ateri sholat fardlu siswa kelas III SD Kedungsegog 02 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang sebelum dan sesudah menggunakan metode dernonstrasi. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan rnasukan kepada guru di SD Kedungsegog 02 tentang cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan pola pendidikan dalam rnendidik dan rneningkatkan keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Se dangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dengan hasil tes/evaluasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. -Hasil penelitian menunjukkan bahwa basil observasi pada pra siklus diketahui bahwa kondisi keaktifan belajar siswa dalam belajar pada kategori • cukup yakni IO siswa atau 50 % dari jurnlah siswa kelas III yaitu 20 siswa den an basil ulangan mencapai rata-rata kelas 57 dengan KKM 60. Pelaksanaan tindakan pada sik.lus 1 bahwa kondisi keaktifan belajar siswa dalam belajar pada kategori sedang yakni 12 siswa atau 60 % dari jumlah siswa kelas III yaitu 20 siswa den an hasil ulangan mencapai rata-rata kelas 60 dengan KKM 60. Pada pelaksanaan indakan siklus 2 bahwakeaktifan belajar siswa pada kategori baik yakni 15 siswa atau 75 % dan hasil ulangan harian siswa dengan rata-rata 62. Refleksi dari kondisi sikl us 1 ke siklus 2, dapat disimpulkan bahwa keaktifan belaiar meningkat yakni pada ategori sedang, sedangkan hasil belajar ada kenaikan rata-rata dari 60 menjadi 62 meningkat 2 poin. Kesimpulan dari paparan hasil tindakan tersebut adalah bahw melalui metode demonstrasi dapat rneningkatkan keaktifan belajar ngseog 02 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menumbuhkan Keaktifan Belajar PAI Melalui Metode Demonstrasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:47
Last Modified: 29 Jan 2024 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item