Implementasi pembelajaran ilmu tajwid untuk membaca al-qur'an secara tartil bagi santri TPQ Al-Imron Desa Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Rokhmah, Ainur (2023) Implementasi pembelajaran ilmu tajwid untuk membaca al-qur'an secara tartil bagi santri TPQ Al-Imron Desa Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2119263_AINUR ROKHMAH BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
2119263_AINUR ROKHMAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Belajar dan memahami ilmu tajwid dengan baik adalah salah satu cara untuk menjaga dan memelihara kehormatan kesucian dan kemurnian Al-Qur'an. Akan tetapi banyak sekali orang yang sudah belajar mengenai ilmu tajwid tetapi itu diterapkan ketika ia membaca Al-Qur'an. Bahkan hal ini terjadi tidak hanya di kalangan masyarakat umum saja tetapi juga terjadi di kalangan siswa dan juga santri. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi pembelajaran ilmu tajwid untuk membaca Al-Qur'an secara tartil bagi santri TPQ Al-Imron Desa Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana implementasi pembelajaran Ilmu tajwid di TPQ Al-Imron Desa Kepatihan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, serta apa dampak pembelajaran ilmu tajwid untuk membaca Al-Qur'an secara tartil. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembelajaran ilmu tajwid di TPQ Al-Imron serta untuk mengetahui dampak pembelajaran ilmu tajwid untuk membaca Al Qur'an secara tartil. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan penelitian di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penyusunan skripsi ini adalah: metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, Hasil penelitian menujukkan bahwa impementasi pembelajaran ilmu tajwid di TPQ Al-Imron menggunakan metode jibril. Dalam evaluasi menggunakan penilaian sumatif yaitu penilaian di tengah semester dan akhir semester dengan tes tertulis dan tes praktik. Dengan adanya implementasi yang demikian menimbulkan dampak yang cukup baik dalam membaca Al-Qur'an secara tartil.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi ilmu tajwid, membaca al-qur'an, tartil
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:57
Last Modified: 29 Jan 2024 03:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6962

Actions (login required)

View Item View Item