Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan

Adewiyah, Adewiyah (2023) Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2119058_ADEWIYAH BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
2119058_ADEWIYAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam permasalahan ini banyak sekali peneliti menjumpai siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen yang mengalami kesulitan baca tulis Al Qur’an. Diantaranya yakni dalam pengucapan makharijul Huruf, tidak memahami panjang pendeknya huruf dan bahkan tidak menguasai ilmu tajwid. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan yaitu memberikan upaya di jam pembelajaran, Diantarannya menggunakan sistem pembelajaran klasik. Karena dengan menggunakan sistem pembelajaran klasik memudahkan guru PAI dalam mengetahui siswa yang berkesulitan baca tulis Al-Qur’an pada jam pembelajaran PAI dengan Materi Al-Qur’an Hadist. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan?. (2) apa saja faktor penghambat siswa kelas VII E dalam baca tulis Al-Qur’an? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al Qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan. (2) untuk mengungkapkan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan Upaya guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan memberikan upaya bantuan dengan cara sitem pengajaran klasik di pembelajaran PAI dengan Materi Al-Qur’an Hadist, Dimana guru pai memerintahkan siswa yang berkesulitan baca tulis Al-Qur’an untuk maju satu persatu dan siswa yang lain mengikuti. Kemudian Ada beberapa bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami oleh beberapa siswa di kelas VII E ialah tidak bisa mengenal panjang pendeknya huruf, tidak bisa mengenal huruf hijaiyyah gandeng, tidak bisa mengenal makharijul huruf, tidak bisa mengenal waqaf dan washal, dan yang terakhir adalah tidak menguasai ilmu tajwid. Faktor penghambat yang mempengaruhi siswa kelas VII E di SMPN 02 Kajen Pekalongan dalam kesulitan membaca Al-Qur’an ialah dari faktor internal (dalam diri sendiri) dan faktor eksternal (dalam lingkngan), Faktor internal siswa malas dalam membaca Al-Qur’an hanya mementingkan bermain game di Handphone daripada membaca Al-Qur’an di TPQ atau di Musholla. Kemudian dari faktor eksternal ialah dari pengaruh lingkungan rumah dan teman kelas serta teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, kesulitan baca tulis al-qur’an, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:04
Last Modified: 29 Jan 2024 04:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6963

Actions (login required)

View Item View Item