Penerapan Metode Critical Incident Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas I Materi Akhlak Terpuji Di MI Al-Barokah Lawangaji Tahun Pelajaran 2015/2016

RESDAH, RESDAH (2016) Penerapan Metode Critical Incident Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas I Materi Akhlak Terpuji Di MI Al-Barokah Lawangaji Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021312008 RESDAH TUNINGSIH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
[img] Text (Thesis)
2021312008 RESDAH TUNINGSIH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas I MI Al-Barokah Lawangaji Kecamatan Kandeman Kabupaten Datang dalam mata pelajaran Akidah Akhlak tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan prosentase ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang masih di bawah 75%. Dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan metode critical incident. Metode critical incident diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I dalam mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Bagaimana penerapan metode critical incident pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas I materi akhlak terpuji di MI Al-Barokah Lawangaji? 2) Apakah metode critical incident di MI Al-Barokah Lawangaji dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji?. Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas I. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas.(Classroom Action Research). Di mana teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode tes, metode dokumentasi dan metode wawancara. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif menggunakan lembar observasi, sedangkan data kuantitatifnya menngunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini ialah dengan menggunakan metode critical incident prestasi belajar siswa kelas I dalam mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji dapat meningkat. Pada pra siklus prosentase ketuntasan klasikal sebesar 43,4%, setelah diadakan perbaikan pembelajaran dari siklus I dan II prosentase ketuntasan klasikalnya meningkat menjadi 75% sesuai dengan target peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, metode Critical Incident
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:25
Last Modified: 31 Jan 2024 02:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6980

Actions (login required)

View Item View Item