Implementasi Pcmbelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Program Akselerasi di SMP Islam Pekalongan

Nasikhah, Dzurrotun (2015) Implementasi Pcmbelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Program Akselerasi di SMP Islam Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110130 DZURROTUN NASIKHAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Other
2021110130 DZURROTUN NASIKHAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Implementasi Pcmbelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Program Akselerasi di SMP Islam Pekalongan. Jurusan/Prograrn Studi : Tarbiyah I S 1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing oleh Maskhur, M. Ag Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Akselcrasi Pendidikan agama Islam diharapkan mampu memberikan nuansa baru bagi sistem pengembangan pendidikan di Indonesia dan dapat membangun watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, pernbelajarzn PAI sangat penting untuk dilaksanakan di sckolah. Anak berbakat atau siswa cerdas istimewa merupakan aset yang potensial untuk dikembangkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu menjadi kewajiban bagi setiap pendidik untuk bernpaya seoara optimal memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kernampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar). Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka rumusan masalah yang ada adalah sebagai berikut: Bagairnana desam-desain pembelajaran pcndidikan agama Islam pada program akselcrasi di SMP Islam Pekalongan?, bagaimana implernentasi pembelajaran pendidikan agarna islam dalam program akselerasi di SMP Islam Pekalongan?, apa saja faktor pendukung dan faktor pcnghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam program akselerasi di SMP Islam Pekalongan?. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui desain-desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di SMP Islam Pekalongan, implementasi pernbelajarau pendidikan agama Islam dalam program akselerasi di SMP Islam Pekalongan, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pernbelajaran pendidikan agarna Islam dalam program akselerasi di SMP Islam Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini ada dua yaitu kegunaan teoritis dan praktis. Kagunaan teoritisnya yaitu menambah wawasan dan pengetahuan baru tentang implementasi pembelajaran pendidikan agarna Islam dalam program akselerasi (percepatan) yang memuat prinsip-prinsip serta tujuan pendidikan agarna islam bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya. Sedangkan kegunaan praktisnya adalah untuk memberikan masukan, motivasi dan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Program Akselerasi (percepatan) di SMP Islam Pekalongan, Penelitian ini menggunakan pcndekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research), dengan mengumpulkan data menggunakan tek.nik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diarnati yaitu berupa data primer dan sekunder, Menganalisa data dengan cara deskriptif (non statistik) dan dilakukan Vll

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Akselcrasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:59
Last Modified: 01 Feb 2024 01:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item