Upaya Guru Dalam Melatih- Kemandirian Anak Usia Dini Di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang

ISTIKHAROH, ISTIKHAROH (2015) Upaya Guru Dalam Melatih- Kemandirian Anak Usia Dini Di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021312013 ISTIKHAROH BAB I - V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
2021312013 ISTIKHAROH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kernan.din.an berart1 kemampuan seseorang un.tuk melakukan, memikirkan clan merasakan sesuatu, untuk mengatasi masalah, bersaing, mengerjak.an tugas, .dan mengambil keputusan dengan tingkat kepercayaan diri yang. tinggi, bertanggung jawab, serta tidak bergantung pada bantuan orang lain. Kemandirian merupakan aspek yang berkembang dalam diri setiap orang, yang bentuknya sangat beragam, pada tiap orang yang berbeda, tergantung pada proses perkembangan dan proses belajar yang dialami masing-masing orang. Rumusan rnasalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Wahid Has.yirn Warungasem Batang? Falctor apa saja yang menduk.ung dan menghambat upaya guru • dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang, untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam melatih kemandirian anak usta dini di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang. Kegunaan penelittan adalah diharapkan dapat- memberikan contoh bagi guru dalam membentuk kemandirian anak usia dini di RA Wahid Hasyim W arungasem Batang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan '(field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Upaya . guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang, antara lain: Guru mengajarkan tentang rasa hormat dan mematuhi perintah guru, kebersihan dan berpakaian rapi, membantu orang lain atau teman sebaya, serta mampu mengatasi kesulitan dan meningkatkan rasa tanggung jawab, Kemandirian siswa-siswi di RA Wahid Hasyim Wanmgasem Batang terbagi menjadi dua yakni kemandirlan srswa kelas A yang belum memiliki kemandirian penuh dan kemandirian siswa kelas B yang sudrui memiliki kemandinan yang penuh. Timbulnya kemandlrian pada siswa• siswi di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang tidak muncul begitu saja melainkan dibutuhkan metode pembiasaan dari guru dan orang tua dalam meningkatkan kemandirian pada anak. Kedua, Faldor yang mendukung upaya guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Wahid Hasyim Warungasem Batang, antara lain: perkembangan anak yang terus mengalami kemajuan, adanya guru yang profesional dalam mengajarkan kemandirian, kerjasama antara guru dengan orang tua yang baik. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: adanya sikap pemanjaan dari orang tua, siswa keasikan bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Dalam Melatrh Kemandirin Anak Usta Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:48
Last Modified: 02 Feb 2024 01:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6993

Actions (login required)

View Item View Item