Falahuddin, Hidayat (2014) Metode Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan (Telaah Buku Pendiclikan Anak Dalam Islam ). Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Other
2021110134 HIDAYAT FALAHUDDIN BAB I - V DAN LAMP .PDF Download (4MB) |
|
Other
2021110134 HIDAYAT FALAHUDDIN FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Falahuddin, Hidayat. 2014. Metode Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan (Telaah Buku Pendiclikan Anak Dalam Islam ). Skripsi Jurusan Tarbiyah/Program Studi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Pekalongan. Pembimbing: Dra. Hj. Fatikhah, M. Ag. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak Anak, Buku Pendidikan Anak Dalam Islam. Anak ketika clilahirkan sudah membawa segi-segi akhlak. Y akni hal baik dan buruk, yang dapat berkembang secara tepat dan tidak. Baile buruk:nya perkembangan anak sangat berk:aitan dengan bagaimana cara kita menclidik anak untuk menjadi dewasa, Banyak orang tua yang salah dalam mendidik anak sehingga anak: menjadi rusak akhlaknya. Hal ini menjadi salah satu yang diperhatikan oleh beberapa pakar pendidikan, diantaranya oleh Abdullah Nashih Ulwan. Salah satu alternatif yang ditawarkanya yakni mendidik anak dengan metode pendidikan yang Islami. Yang beliau tuangkan dalam kitab "Tarbiyatul Au/ad Fi 'I Islam", yang diterjemahkan oleh Emiel Ahmad dalam buku Pendidik:an Anak Dalam Islam. Permasalahannya, bagaimana metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Pendidikan Akhlak Anak Dal.am Keluarga terjemahan kitab "Tarbiyatul Aulad Fi'l Islam"?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidik:an akhlak anak dalam keluarga menurut konsep Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga terjemahan k:itab "Tarbiyatu'l-Awlad Fi'l-Islam". Kegunana secara teoritis dapat menyumbang pengetahuan tentang teori Abdullah Nashih Ulwan tentang metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga, dan secara praktis dapat menambah khasanah dunia penelitian pustaka, terutama penelitian yang berkenaan dengan pendidikan akhlak anak. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research), pendekatan penelitian yang digcnakan oleh penulis adalah kualitatif, yaitu suatu pendekatan dengan menggunakan data melalui bentuk kata-kata atau kalimat dan dipisahkan menurut teori bentuk yang ada, untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Dalam mengolah dan mengwnpulkan data, penulis menggunakan metode study pustaka, yaitu dengan cara membaca, memahami, dan menelaah sumber data. Teknik: analisis di dalamnya menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan akhlak anak dalam keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Pendidikan Akhlak Anak Dalam Keluarga terjemahan .kitab "Tarbiyatul Aulad Fi 'I Islam" ada lima metode. Metode pendidi.kan itu diantaranya : pendidikan dengan ketauladanan, pendidikan dengan pembiasaan, pendidikan dengan nasihat, pendidikan dengan perhatiaan atau pemantauan, clan pendidikan dengan hukuman.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak Anak, Buku Pendidikan Anak Dalam Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2024 02:50 | ||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 02:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6996 |
Actions (login required)
View Item |