Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Al-Qur' an Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dalam Pelajaran PAI Siswa Kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang

Misronah, Misronah (2015) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Al-Qur' an Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dalam Pelajaran PAI Siswa Kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021312026 MISRONAH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
2021312017 ITAQILLAH BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Penggunaan metode yang tepat akan membuat proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan, selain itu dapat memberikan materi yang disajikan kepada siswa menjadi jelas, mudah dipahami, gampang diingat dan mengesankan. Penggunaan metode dalam penyampaian materi pelajaran haruslah tepat karena metode yang tidak tepat akan berakibat terhadap waktu yang tidak efisien, bahkan tidak mencakup kemungkinan bahwa pelajaran akan sulit dipahami oleh peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prestasi belajar membaca Al-Qur'an siswa kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learningtipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran PAI? Bagaimana prestasi belajar membaca Al• Qur' an siswa kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang sesudah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pelajaran PAI? Apakah model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur'an dalam pelajaran PAI siswa kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang?. Kegunaan teoritis dari penelitian ini diharapkan mendapatkan teori baru tentang penggunaan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat digunakan sebagai dasar melakukan penelitian secara mendalam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data bersifat induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur'an sesudah menggunakan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang, model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh dari pra siklus yakni 65 meningkat pada siklus I menjadi 65,71, pada siklus II meningkat menjadi 79,64, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur'an siswa kelas V MI Islamiyah Candiareng Warungasem Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, Moh. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Be/ajar Membaca Al-Qur 'an Melalui Model Pembelajaran CooperativeLearning Tipe Teams Games Tournament (!'GT)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:45
Last Modified: 02 Feb 2024 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6997

Actions (login required)

View Item View Item