Khoirunnisak, Khoirunnisak (2015) Pemberian Reward sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak di Kelompok B PAUD Limas Krapyak Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Other
2021110135 KHAIRUNNISAK BAB I - V DAN LAMP .PDF Download (5MB) |
|
Other
2021110135 KHAIRUNNISAK FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Khoirunnisak. 2015. Pemberian Reward sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak di Kelompok B PAUD Limas Krapyak Pekalongan Semester JI Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Ely Mufidah, M.S.I. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Perea ya Diri dan Reward Kepercayaan diri merupakan hal penting yang harus dimiliki anak untuk menapaki roda kehidupan. Kepercayaan diri yang dimiliki oleh seseorang akan sangat bergantung pada bagaimana orangtua atau orang dewasa memperlakukan mereka di masa kecil. Dalam sebuah lembaga P AUD misalnya, sosok guru harus mampu membantu meningkatkan rasa percaya diri anak dengan memberikan penghargaan-penghargaan pada hasil kerja anak. Seperti hasil pengamatan guru• guru di kelas yang menunjukkan indikasi akan rendahnya kepercayaan diri anak di kelompok B PAUD Limas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru di kelas adalah dengan memberikan reward atau penghargaan berbentuk bintang atas usaha yang sudah dilakukannya. Pennasalahan dalam skripsi ini adalah: bagaimana pelaksanaan pemberian reward di kelompok B dan apakah pembeiian reward dapat meningkatkan rasa percaya diri anak di kelompok B P AUD Limas Krapyak Pekalongan, Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward dan peningkatan rasa percaya diri anak dengan diberikannya reward di kelompok B PAUD Limas Krapyak Pekalongan, Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. Kegunaan penelitian ini secara teoristis untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran di PAUD Limas Krapyak Pekalongan. Sedangkan secara praktis sebagai bahan masukan dan pertimbangan guru dalam usaha meningkatkan rasa percaya diri anak yaitu melalui upaya pemberian reward yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pendekatan penelitannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri anak dapat meningkat setelah dilakukan upaya pemberian reward berupa bintang pada hasil kerja anak. Tindakan yang dilakukan pada siklus I belum menunjukkan hasil. Dan pada siklus II sudah memperlihatkan peningkatan aktivitas anak secara keseluruhan yang pada siklus I hanya rata-rata 55 % menjadi 70 % pada siklus II dan 85 % pada siklus III. Kemudian Hasil observasi pada enam anak yang memiliki kepercayaan diri rendah pun memperlihatkan peningkatan, yaitu pada siklus I hanya mencapai skor rata-rata 11, 16 dari skor maksimal 24, pada siklus II menjadi 15,16 dan meningkat menjadi 18,2 di siklus III.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Perea ya Diri dan Reward | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:23 | ||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6999 |
Actions (login required)
View Item |