Listiyaningrum, Ayu (2015) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Other
2021110138 AYU LISTIYANINGRUM BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (12MB) |
|
Other
2021110138 AYU LISTIYANINGRUM BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Listiyaningrum, Ayu. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan. Jurusan/Program Studi; Tarbiyah/S 1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: H. Miftahul Huda, M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Tahfiz Qur'an. Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai konsentrasi pembelajaran tahfizul Qur'an. Selain letaknya strategis, sarana dan prasarananya pun sangat rnemadai. Dalam pembelajaran tahfiz Qur' an, pondok pesantren modern Buaran Pekalongan menggunakan dua teori, yaitu teori tahfiz (menghafal teori baru yang belum pemah dihafalkan) dan teori takrir (mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada instruktur, hal ini untuk menjaga materi yang sudah dihafal tidak terjadi lupa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modem Al-Qur'an Buaran Pekalongan? Tujuannya untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modem Al-Qur 'an Buaran . Kegunaan penelitian secara teoritis adalah untuk memperkaya wawasan keilmuan Islam dan pengetahuan baru tentang pelaksanaan pembelajaran tahfiz Qur'an, sedangkan secara praktis dapat dijadikan panduan pengetahuan bagi masyarakat yang berkaitan dengan pembelajaran tahfiz Qur' an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan objek penelitian Pondok Pesantren Modern Al-Qur' an Buaran Pekalongan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persiapan yang harus dimiliki santri Pondok Pesantren Modern Al-Qur'an Buaran Pekalongan sebelum menghafal Al-Qur'an adalah niat dan menguasai tajwid dengan benar, waktu pembelajaran tahfiz terbagi menjadi dua, yaitu waktu wajib menghafal dan waktu wajib setor, menggunakan metode fashohah, muroja 'ah, dan ziyadah dengan materi seluruh isi Al-Qur'an 30 juz. Evaluasi tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Modem Al-Qur'an Buaran Pekalongan adalah dengan buku setoran, semaa'an, dan khataman masal. Faktor pendukung kegiatan tahfiz Al-Qur'an, yaitu tenaga pengajar yang profesional, sarana dan prasarana lengkap, lingkungan pondok yang mendukung, motivasi yang kuat dari kedua orang tua, dan besamya pahala yang Allah janjikan kepada penghafal Al-Qur'an. Sedangkan faktor Penghambat kegiatan tahfiz Al-Qur'an adalah munculnya sifat malas pada diri santri, lingkungan, dan santri lebih tertarik ngobrol sendiri dengan ternan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tahfiz Qur'an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2024 06:33 | ||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2024 06:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7002 |
Actions (login required)
View Item |