Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Bagi Anak Di Lingkungan Keluarga Di Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Suryaningsih, Suryaningsih (2015) Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Bagi Anak Di Lingkungan Keluarga Di Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110146 SURYANINGSIH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110146 SURYANINGSIH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Suryaningsih. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Akhlak bagi Anak di Lingkungan Keluarga di Desa Pacar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, Pembimbing : Drs.H.Fachrullah, M.Hum. Kata kunci:Pendidikan Akhlak, Keluarga Pendidikan akhlak merupakan cikal bagi terbentuknya nilai-nilai moral yang menjadi prinsip kepribadian setiap orang. Maka dari itu pendidikan akhlak hams diberikan sejak manusia dilahirkan, karena pada dasarnya semua anak yang lahir dalam keadaan fitrah seperti kertas putih, orang tuanyalah yang paling banyak berperan mengarahkannya menjadi anak yang berkepribadian baik atau buruk. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: bagaimana pendidikan akhlak bagi anak dalam lingkungan keluarga di desa Pacar kecamatan Tirto kabupaten Pekalongan dan falctor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan pendidikan akhlak bagi anak di lingkungan keluarga di desa Pacar kecamatan Tirto kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan akhlak bagi anak dalam lingkungan keluarga di desa Pacar kecamatan Tirto kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan pendidikan akhlak bagi anak di lingkungan keluarga di desa Pacar kecamatan Tirto kabupaten Pekalongan. Penelitian ini rnerupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data rnenggunakan analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian ini bahwa secara umum pelaksanaan pendidikan akhlak bagi anak di lingkungan keluarga adalah memberikan contoh yang baik kepada anak, menghindari perilaku yang tidak baik, menyuruh anak untuk menghormati orang yang lebih tua, mengajarkan sopan santun, saling tolong menolong, jujur, dan sabar, serta menyuruh mengaji dan menjalank:an sholat lima waktu dengan rajin. Faktor yang menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di lingkungan keluarga adalah lingkungan keluarga yang kurang hannonis, lingkungan pergaulan anak yang tidak baik, serta lingkungan masyarakat yang tidak baik pula, Faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan akhlak di lingkungan keluarga adalah lingkungan keluarga yang hannonis, lingkungan pergaulan anak yang baik, serta lingkungan masyarakat yang baik pula

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFachrullah, FachrullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Keluarga
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:59
Last Modified: 02 Feb 2024 06:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7003

Actions (login required)

View Item View Item