Konsep Pendidikan Aqidah Dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab.

Rokhmawati, Li'ila (2015) Konsep Pendidikan Aqidah Dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110153 LI ILA ROKHMAWATI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (3MB)
[img] Other
2021110153 LI ILA ROKHMAWATI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rokhmawati, Li'ila. 2015. Konsep Pendidikan Aqidah Dalam Keluarga Menurut M. Quraish Shihab. Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M. A Kata kunci: Pendidikan aqidah, keluarga, M. Quraish Shihab. Banyak orang tua meremehkan pendidikan aqidah yang seharusnya diterima anak sejak usianya masih kanak-kanak (dini) sebelum mereka dikenalkan dengan pendidikan yang lainnya. Mereka lebih fokus dalam mengarahkan anak-anaknya pada aspek ilmu pengetahuan umumnya saja dengan anggapan bahwa pendidikan aqidah itu tidak terlalu penting bagi kehidupan mereka kelak. Perlu dipahami bahwa pendidikan aqidah bagi anak-anak khususnya diusianya yang dini dalam keluarga tidak bisa diabaikan begitu saja karena hal itu merupakan pendidikan yang paling awal bagi anak. Pada dasarnnya pendidikan aqidah memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan anak untuk membekaJi dan mempersiapkan anak sebelum melangkah dan mengabadapi lingkungan luar keluarganya. M. Quraish Shihab merupakan tokoh Islam sekaligus mufasir kontemporer yang memiliki perhatian besar dalam hal pendidikan aqidah anak dalam keluarga yang perlu diteladani dan diapresiasi pemikirannya. Rumusan masalahnya adaJah: bagaimana tujuan pendidikan aqidah daJam keluarga menurut M. Quraish Shihab, bagaimana materi pendidikan aqidah daJam keluarga menurut M. Quraish Shihab, dan apa saja metode pendidikan aqidah dalam keluarga menurt M. Quraish Shihab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan, materi dan metode pendidikan aqidah dalam keluarga menurut M. Quraish Shihab. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang pendidikan aqidah anak khususnya daJam lingkungan keluarga, memberikan gambaran orang tua pentingnya pendidikan aqidah yang harus ditanamak:an kepada anak sejak dini untuk bekal kehidupannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dibagi menjadi dua macam yaitu: sumber data primer terdiri dari buku-buku karya M. Quraish Shihab dan sumber data sekunder terdiri dari buku-buku penunjang lainnya. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data-data yang ada digunakan metode deskriptif dan content analysis. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahawa konsep pendidikan aqidah dalam keluarga menurut M. Quraish Shihab mempunyai tujuan untuk memberikan pembinaan, didikan serta arahan kepada anak dalam menempuh dan meluruskan tujuan hidupnya, menyucikan jiwanya, kemudian mengarahkannya agar bisa sampai kepada tingkat pengabdian dirinya kepada Allah. Adapun materinya adalah penanaman keimanan, pengenalan hukum-hukum Allah dan bimbingan ibadah. Dan untuk metode yang digunakan adalah metode cerita (kisah), pembiasaan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin Ubaedi, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan aqidah, keluarga, M. Quraish Shihab.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:20
Last Modified: 05 Feb 2024 01:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7005

Actions (login required)

View Item View Item