Upaya Pengembangan Pendidikan Life Skill Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al Falah Kabupaten Pemalang

Kumiasih, Dewi (2014) Upaya Pengembangan Pendidikan Life Skill Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al Falah Kabupaten Pemalang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110156 DEWI KURNIASIH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110156 DEWI KURNIASIH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dewi Kumiasih, 2014, 2021110156, Upaya Pengembangan Pendidikan Life Skill Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al Falah Kabupaten Pemalang. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Drs. Akhmad Zaeni, M. Ag, Kata Kunci: Pendidikan life skill dan ekstrakurikuler. Pendidikan life skill adalah salah satu pendidikan yang diperlukan seseorang untuk bekal menjalankan hidupnya kelak. Dengan bekal keterampilan yang dimilikinya, maka seseorang dapat melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini adalah upaya untuk mengetahui dan memahami bagaimana mengembangkan pendidikan life skill di pondok pesantren Al falah. Dari latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja jenis pendidikan life skill di pondok pesantren Al Falah?, bagaimana upaya pengembangan pendidikan life skill melalui kegiatan ekstrakurikuler di pondok pesantren Al Falah?, dan faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pendidikan lifeskill di pondok pesantren Al Falah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pengembangan pendidikan life skill di pondok pesantren Al Falah, mengetahui jenis pendidikan life skill di pondok pesantren Al Falah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan life skill di pondok pesantren al falah. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan tentang pendidikan life skill. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena data-data yang disajikan berupa pemyataan-pernyataan dan bukan sajian dalam bentuk angka. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala• gejala yang diselidiki. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer clan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data dengaan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan menekankan pada proses kesimpulan induktif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis pendidikan life skill yang diajarkan di pondok pesantren Al Falah adalah perdagangan, pertatanian, peternakan, tata busana, tata boga, dan perbengkelan. Dalam upaya mengembangkan pendidikan life skill, pondok pesantren Al Falah melakukan beberapa upaya yaitu memperbanyak alokasi waktu pendidikan life skill, mengadakan pendidik yang profesional, menyesuaikan materi life skill, meningkatkan sarana dan prasarana, penekanan pada penggunaan metode praktek, melalukan evaluasi, dan penanaman soft skill pada santri. Sedangkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan life skill dan ekstrakurikuler.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:49
Last Modified: 05 Feb 2024 01:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item