Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014 di SDN 06 Kedungwuni.

Nihlah Atun, Ainiy (2014) Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014 di SDN 06 Kedungwuni. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110157 ANIYATUN NIHLAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110157 ANIYATUN NIHLAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nihlah, Ainiyatun. 2014. Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Semester Gasal T un Pelajaran 2013/2014 di SDN 06 Kedungwuni. Skripsi Jurusan Tarbi ah Prodi PAI STAIN Pekalongan. Pembimbing: Aris Nur Khamidi, M.Ag. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran, PAI. Proses pendidikan dalam kegiatan pembelajaran ataf dalam kelas, ak.an bisa berjalan dengan lancar, kondusif, interak.tif, dan sebagainya apabila dilandasi oleh dasar kurikulum yang baik dan benar. Perubahan kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan k:ualitas pe~rta didik lebih baik. Harapan ini juga ditekankan pada mata pelajaran Penfdikan Agama Islam (PAI), yang lebih menguatkan sisi moral dan akhlak sisra. Pendidikan Agama Islam di SDN 06 Kedungwuni sudah berganti nama dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. ~ Dalam skripsi ini penulis mempunyai 2 rumusan m ah antara lain: Bagaimana penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Isl I berdasarkan Kurikulum 2013 kelas IV semester gasal tahun pelajaran 201B/2014 di SDN 06 Kedungwuni; Faktor-faktor apa saja yang mendukung chin menghambat penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasar!an Kurikulum 2013 kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2013/20lf. di SDN 06 Kedungwuni. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetpmi penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikul~ 2013 kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2013/2014 di SDN 06 Ked'Fgwuni, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerap~ pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013 kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2013/2014 di SDN 06 Kedungwuni. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara Teoritis yaitu untuk membelian kontribusi pemikiran dan pengetahuan dalam lingkungan pendidikan IYang berkaitan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013. Secara praktis yaitu untuk memberikan wacana sebagai b kal bagi guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, sehingga guru dapat mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013 untuk t.hencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan k:ualitatif dan jenis penelitian yang dilaksanakan adalah pen . litian lapangan (field research). Metode dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik data kualitatif, dimana data dianalisis dengan metode deskriptif, Hasil dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa Pener4Pan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Semester Gasal T~un Pelajar~ 2013/2014 di SDN 06 Kedun~ _sudah terjalan deng~ baik. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik y31tu mengamati, menanya, manalar, mencoba, mengolah, menyimpulkan, enyajikan, dan vii mengkomunikasik:an. Metode yang digunakan tergantung pada materi pembelajaran yaitu metode diskusi, tanya jawab, ceramah, CBlA, Card Sort, Problem Solving, Learning Together, metode menyanyi, dem I nstrasi Media yang digunakan menyesuaikan materi pembelajaran, misalny menggunakan poster nama-nama malaik:at beserta tugasnya, media gamb -gambar yang mencerminkan sikap beriman kepada malaikat Allah seperti gaihbar anak yang sedang bersedekah, gambar anak yang mengunjungi orang sakit dan mendo'akannya, gambar anak berbakti dengan orang tuanyr, media buku pegangan siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelf. IV. Penilaian yang digunakan menggunakan penilaian otentik. Namun ~~fl jumlah jam pelajaran masih menggunakan 3 jam pelajaran. Faktor-f~~r pendukung penerapan pembelajaran PAI berdasarkan Kurikulum 2013 ,semester gasal tahun pelajaran 2013/2014 di SON 06 Kedungwuni yaitu kualitas guru SDN 06 Kedungwuni baik, karena sudah mengikuti diklat Kurikuluin 2013, sarana dan prasarana yang ada di SON 06 Kedungwuni sudah me dukung proses pembelajaran, guru yang mengajar sesuai dengan bidangnra. Sedangkan faktor-faktor penghambat penerapan pembelajaran PAI berdasarkan Kurikulum 2013 semester gasal tahun pelajaran 2013/201~ di SON 06 Kedungwuni yaitu soal semester masih menggunakan ~um KTSP, padahal materi yang diajarkan di SDN 06 Kedungwuni sud menggunakan Kurikulum 2013, belum tersedianya buku guru Pendidik:an A ama Islam dan Budi Pekerti kelas IV di SDN 06 Kedungwuni, pihak kolah belum menyusun jadwal yang baru, yang sesuai dengan jumlah jam pelajaran pada Kurik:ulum2013, sehingga guru masih menggunakanjam pelaj an yang lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi Nur, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran, PAI.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:48
Last Modified: 05 Feb 2024 06:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7009

Actions (login required)

View Item View Item