Etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto dalam perspektif KH Hasyim Asy’ari

Istiyani, Fatminatul (2019) Etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto dalam perspektif KH Hasyim Asy’ari. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di era milenial ini etika menjadi hal langka yang mulai dikhawatirkan akan hilang terutama di sekolah. Dalam kitab Adab Al- Alim wa Al- Muta’alim karya KH Hayim As’yari mencatumkan tatanan konsep etika bagi seorang guru ketika besama dengan muridnya.MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto merupakan madrasah yang sangat dekat dengan KH Hasyim Asy’ari yang mana merupakan pendiri jamiyah Nahdlatu Ulama’ yang menjadi kiblat keberagamaan di MTs Salafiyah NU Karangayar Tirto diharapkan mampu menerapkan konsep yang ditawarkan oleh KH Hasyim Asyari. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1)bagaimana etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto?(2)Bagaimana etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto dalam Perspektif KH Hasyim Asy’ari? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto, untuk mendeskripsikan etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto dalam perspektif KHHasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan analisis data interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah (1)etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto yaitu: berkomunikasi dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami murid, berpenampilan rapi dan sopan, menebar salam dan kasih sayang, mengajar murid sesuai dengan kemampuan murid, bersemangat dalam mengajar, menasehati murid, dan menjadi teladan yang baik, (2) etika guru terhadap murid di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto dalam perspektif KH Hasyim Asy’ari yang meliputi sebagai berikut: mengajar dan mendidik murid dengan tujuan mendapat ridho Allah SWT, selalu semangat dalam mengajar, mendekatkan murid dengang sesuatu yang terpuji, bersikap ramah murid, memberi pelajaran kepada murid dengan penjelasan yang mudah pahami, bersungguh-sungguh dalam memberikan pengajaran, membiasakan diri sekaligus memberikan contoh kepada siswa tentang cara bergaul yang baik dan apabila ada murid yang tidak hadir, guru menanyakan kepada murid yang lain. Tidak semua konsep etika guru terhadap murid yang ditawarkan KH Hasyim As'y’ari diterapkan oleh guru di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto.Dari empat belas konsep yang ditawarkan KH Hasyim Asy’ari, hanya delapan konsep yang telah diterapkan oleh guru di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, M. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: etika, guru, murid, perspektif KH Hasyim Asy’ari
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:44
Last Modified: 15 Jun 2020 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item