Penerapan IndexCard Match Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan Tahun Pelajaran 2013-2014

Kholisho, Tina (2014) Penerapan IndexCard Match Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan Tahun Pelajaran 2013-2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110004 TINA KHOLISHO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
2022110004 TINA KHOLISHO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Index Card Match merupakan salah satu metode pembelajaran model P AIKEM. Index Card Match adalah metode yang dikembangkan untuk menjadikan aktif mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasan diri sendiri dan seorang siswa memiliki kreatifitas maupun menguasai ketrampilan yang diperlihatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan menggunakan Index Card Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan tahun pelajaran 2013-2014?. 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi diterapkannya Index Card Match dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan tahun pelajaran 2013-2014?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Index Card Maten dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan tahun pelajaran 2013-2014 dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi diterapkannya Index Card Match dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan tahun pelajaran 2013- 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Bahasa Arab kelas VII MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan tahun pelajaran 2013-2014. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah bahan-bahan pustaka yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) Metode Observasi, Interview (wawancara), dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan Index Card Match dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsS Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan tahun pelajaran 2013-2014 sudah cukup baik. Hal ini diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran, serta guru dan siswa itu sendiri. Komponen-komponen tersebut dirancang agar dalam pelaksanaannya siswa lebih aktif dan partisipasif dalam pembelajaran. Untuk itulah strategi yang dikembangkan adalah Active Learning. Karena Active Learning merupakan strategi pembelajaran yang menekankan aktifitas peserta didik dalam kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu'in, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Index CardMatch
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:09
Last Modified: 05 Feb 2024 03:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7013

Actions (login required)

View Item View Item