Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab

Ilmiah, Nur (2015) Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110018 NUR ILMIAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
2022110018 NUR ILMIAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan yang berbasis pondok pesantren tidak terlalu tinggi, masih banyak siswa yang harus mengikuti remedial untuk mencapai ketuntasan dalam belajar bahasa Arab. Guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan hanya satu orang, walaupun mempunyai pendidikan yang sesuai bidang ahlinya dan mempunyai kompetensi yang baik, namun terkadang masih kurang dalam berinovasi di kelas. Permasalahan dalam skripsi ini adalah mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta' allimin, bagaimana prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta' allimin, dan bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab di MA Ribatul Muta' allimin, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta'allimin, dan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab di MA Ribatul Muta' allimin Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian lapaagan (field research). Persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab menjadi variabel bebas dan prestasi belajar menjadi variabel terikat. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 270 siswa, sedangkan sampel diambil secara acak, metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode angket, dokumentasi, interview, dan observasi. Teknik analisisnya menggunakan rumus analisis korelasi product moment. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : "Terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab". Berdasarkan basil analisis data, persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 76 yang berada pada interval 76-77, sedangkan prestasi belajar bahasa Arab tennasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77 yang bearada pada interval 71-85. Dari basil perhitungan dengan teknik korelasi product moment dapat dismpulkan bahwa "terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru bahasa Arab clengan prestasi belajar bahasa Arab", berarti ha diterima dimana rxy>rtab (0,74>0,301) pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1 % fxy>riab (0,74>0,389) dan ketika analisis lanjutnya menggunakan interpretasi nilai rxy hasilnya sama climana kedua variabelnya mempunyai korelasi yang kuat dengan besar kisarannya antara 0,70 - 0,90.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, : M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab dan Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:11
Last Modified: 05 Feb 2024 07:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item