Sekularisasi dalam Pendidikan Islam (Studi pemikiran Nurcholish Madjid

Yuniarti, lndah (2014) Sekularisasi dalam Pendidikan Islam (Studi pemikiran Nurcholish Madjid. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110166 INDAH YUNIARTI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110166 INDAH YUNIARTI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Yuniarti, lndah. 2014. Sekularisasi dalam Pendidikan Islam (Studi pemikiran Nurcholish Madjid, Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidika Agama Islam, Pembimbing: Miftahul Ula, M.Ag. Kata Kunci: Sekularisasi, Nurcholish Madjid, Pendidikan Islam, dan Skripsi Skripsi ini mengkaji pemikiranNurcho.lish Madjid tentang sekularisasi dalam pendidikan Islam. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh paqdangan mengenai sekularisasi yang di gagas oleh Nurcholish Madjid. Pandan~an tersebut telah menimbulkan banyak spekulasi baik yang pro maupun kontra dengan pemikiran Nurcholish Madjid sendiri. Dalam dunia pendidikan secar tidak langsung sekularisasi dikaitkan dengan hal tersebut, khususnya dalam dunia pendidikan Islam. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi, pertama, bag~mana sekularisasi menurut Nurcholish Madjid, dan, kedua, bagaimana relevan~i fekularisasi dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesmpsikan bagaimana pemikiran sekularisasi Nurcholish Madjid dan relevansinya alam pendidikan Islam. Kegunaan penelitian ini secara teoritis yakni, iharapkan dapat melengkapi, memperdalam, serta memperluas kajian men enai pemikiran Nurcholis Madjid dalam bidang pendidikan Islam, sedangicp-n secara praktis yakni, dapat memberikan sumbangsih untuk ilmu penge~uan serta dapat menjadi pertimbangan dalam membenahi dan memifrbaik:i kondisi pendidikan Islam. Sehingga lebih memudahkan dan menjadi allternatif lain bagi para pendidik dalam mengatasi problem pendidikan Islam [Yang setiap saat berubah- ubah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan {library research), pendekatan penelitannya menggunakan pendekatan 1deskriptif analisis yakni menggambarkan dan menganalisis pendapat Nurcholi h Madjid dalam pemikiran-pemikiranya mengenai sekularisasi dalam pendi~ Islam. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan content analisys (kajian isi) atau deskriktif analisis. Dari basil penelitian ini, dihasilkan bahwa pemikiran sekularisasi tidak di maksudkan untuk merubah umat muslim menjadi sekular. Karena menurut Nurcholish Madid sekularisasi tidaklah dimaksudkan sebagai penerapan sekulerisme dan mengubah kaum Muslimin menjadi ekularis. Tetapi dimaksudkan untuk menduniawikan nilai-nilai yang sudah semestinya bersifat duniawi, dan melepaskan umat Islam dari kecenderungan ~at Islam umtuk mengukhrawikannya. Mengenai sekularisasi dalam pendidikan Islam, pada hakikatnya dalam sekularisasi pendidikan Islam baik pendidikan agama dan pendidikan umum tidak ada pemisahan. Keduanya sama-sfila penting dan mempunyai peran masing-masing untuk mencapai tujuan qendidikan Islam. Relevansi pemikiran Sekularisasi Nurcholish Madjid dalam ~endidikan Islam, sebagai berikut. a.) Aspek Tujuan, pokok pangkal agama adalah ajaran Tauhid atau pengesaan Tuhan, begitu pula dalam hal pendidikan. K'.arena pendidikan adalah proses untuk mendidik muslim yang sejati. b.)Aspek ndidik, melalui seorang pendidik diharapkan pendidikan Islam mampu melahir an manusia yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sekularisasi, Nurcholish Madjid, Pendidikan Islam, dan Skripsi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:01
Last Modified: 06 Feb 2024 02:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7027

Actions (login required)

View Item View Item