Nilai-nilai pendidikan islam dalam kitab washiatul mushtofa karangan sayyid abdul wahab as-sysya'roni (kajian kitab washiatul mushtofa karangan sayyid abdul wahab as-sysya'roni)

Sumantri, Sumantri (2014) Nilai-nilai pendidikan islam dalam kitab washiatul mushtofa karangan sayyid abdul wahab as-sysya'roni (kajian kitab washiatul mushtofa karangan sayyid abdul wahab as-sysya'roni). Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110168 SUMANTRI BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110168 SUMANTRI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Islam adalah suatu usaha yang tidak hanya meningkatkan kualitas intelektual (kognitif) dan potensi ketrampilan saja melainkan dapat menumbuhkan dan mengubah tingkah tingkah laku individu positif dan berakhlak mulia yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam. Dari itulah diperlukan waktu untuk menjalankan kearah perubahan yaitu dalam suatu proses pendidikan. Peran dan fungsi sumber pendidikan dalam proses pembelajaran akan sangat mernpengaruhi terhadap pengamalan dan sikap seseorang dalam mengimplementasikari nilai pendidikan Islam. Keberadaan kitab kuning (turats) bagian yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan karena kitab kuning merupakan sumber ilmu yang mengulas dan menerangkan secara detail dan jelas serta komprehensif ketentuan dan hukum-hukum syar'i dalam Islam. Apalagi dengan adanya arus global mulailah dengan menjamurnya buku-buku tentang pembahasan pengetahuan umum yang isinya kurang dari nilai religius apalagi jika buku tersebut dikarang oleh para penulis barat yang memang hanya berorientasi pada materi belaka. Dari itulah kiranya penting menggunakan kitab kuning menjadi dasar pijak didalam melakukan berbagai macam respon terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengangkat judul Nilai-nilai pendidikan Islam dalarn kitab Washiatul Mushtofa karangan Sayyid Abdul Wahab As-Sysya'roni. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif yang dihasilkan dalam bentuk pernyataan atau kata-kata deskriptif atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diteliti dan diamati agar lebih mudah dipahami. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kepustakaan (library research), penelitian yang menggunakan data kualitatif, yakni penelitian yang diajukan atau tulisan-tulisan yang ditelusuri dari data sejarah serta dari buku-buku artikel. Pendidikan harus tampil sebagai counter sekaligus bertanggung jawab mewujudkan masyarakat yang didalamnya tercermin nilai-nilai dan etika yang dijunjung tinggi. Nilai sebagai hal yang abstrak, yang harganya mensifati dan disifatkan pada sesuatu hal dan ciri-cirinya dapat dilihat dari tingkah laku, memilik.i kaitan dengan fakta, tindakan, norma, moral, cita-cita, keyak.inan, dan kebutuhan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kitab Washiatul Mushtofa karangan Sayyid Abdul Wahab As-Sysya'roni diantaranya Nilai pendidikan Aqidah atau keimanan, Ibadah, akhlak dan nilai pendidikan sosial atau muamalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:19
Last Modified: 06 Feb 2024 02:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item