KHASANAH, KHAFIDHOTUL (2015) Implementasi Metode Imla' Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV Di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalonngan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2022110039 KHAFIDHOTUL KHASANAH BAB I - V DAN LAMP .PDF Download (5MB) |
|
Text (Thesis)
2022110039 KHAFIDHOTUL KHASANAH FULLTEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempelajari bahasa Arab.dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas IV tidak selalu sesuai dengan harapan. Beberapa kendala yang harus dihadapi diantaranya: dalam menyampaikan materi bahasa Arab, guru kurang memperhatikan aspek variasi pembelajaran, sehingga peserta didik mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran selain itu guru juga kurang menyadari bahwa antara peserta didik yang satu dengan yang lain mempunyai perbedaan yang menonjol, peserta didik kurang memiliki motivasi dalam belajar, kesan bahwa bahasa Arab sangat sulit, sukar dan ruwet yang menjadikan penguasaan kosa kata dan perbendaharaan kosa kata peserta didik rendah. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana implementasi metode imla' dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. PekaJongan tahun 2013/2014 dan faktor pendorong dan penghambat irnlernentasi metode imla' dalam pernbelajaran bahasa Arab kelas IV MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang akan diteliti sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode imla' pada pembelajaran bahasa Arab .kelas IV di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014 menggunakan metode jama'i/ kolektif yaitu pembelajaran menulis kosa kata atau kalimat bahasa Arab bersama-sama yang di bimbingan guru sampai benar-benar mampu dan terampil menulis dengan menggunakan pendekatan berbasis media serta teknik menyalin kosa kata melalui menulis, membaca dan gambar. Faktor pendukung Aplikasi metode imla' dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Kab. Pekalongan tahun 2013/2014 adalah adanya motivasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya penulisan Arab dengan pelajaran lain yang berbeda dan kemampuan anak yang beragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Imla', pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akhiroh Ghufron |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:19 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:19 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7033 |
Actions (login required)
View Item |